Hari Belanja Online Nasional

Saungmaman.com - Hari Belanja Online Nasional

Hari Belanja Online Nasional adalah sebuah hari perayaan yang bertujuan untuk mendorong dan mengedukasi segenap lapisan masyarakat mengenai betapa mudahnya berbelanja online. Dimulai pertama kali pada tahun 2012 oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia yang pada umumnya mereka bergabung di Asosiasi e-Commerce Indonesia atau IdeA yang terdiri dari Lazada, Zalora, Blanjadotcom, PinkEmma, Berrybenka juga Bukalapak.

Adapun tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat supaya mulai terbiasa berbelanja online, tidak takut akan kena tipu atau dibohongi karena sekarang mereka memberi jaminan. Selain itu tujuan diadakannya kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan industry E-commerce Indonesia seperti dinegara maju lainnya yang sudah terlebih dahulu memulainya.

Sejarah Belanja Online

Di negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Jerman dan Jepang sudah lama dikenal perayaan belanja online atau biasa disebut disebut Cyber Monday, dimana para pengusaha ritel berlomba mengadakan promo dan diskon besar-besaran setelah acara Thanksgiving Day yaitu hari libur di Amerika Utara untuk memperingati syukuran panen akhir tahun.
Baca juga: Harbolnas 2017 tinggal Menghitung hari, Persiapkan Dirimu
Cyber Monday sebenarnya terinspirasi dari perayaan belanja Black Friday yang dilaksanakan hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Sedangkan Black Friday sendiri identik dengan dimulainya moment musim belanja Natal. Selama perayaan Black Friday, toko-toko buka lebih lama dari biasanya dan berlomba-lomba menawarkan diskon besar-besaran atau melakukan cuci gudang untuk menarik minat pembeli.

Mengapa disebut Black Friday, karena pada perayaan tersebut neraca pembukuan pada usaha mereka berubah dari warna merah (rugi) menjadi warna hitam (untung). Ketika para pengusaha retail beroperasi antara bulan Januari-November, kebanyakan dari mereka mencatat kerugian/negatif yang dikiaskan dengan tinta merah, lalu kemudian mendapat banyak keuntungan dari penjualan besar ketika menjelang perayaan natal dan libur Thankgiving day (Black Friday). Dalam praktik akuntansi dan ilmu keuangan, hal tersebut juga memberi dampak positif dalam pembuatan laporan tahunan atau biasa disebut annual report.

Kampanye Hari Belanja Online Nasional bertujuan untuk mengedukasi setiap warga masyarakat tentang kemudahan belanja online. Banyak yang belum memahami bahwa belanja online juga bisa aman dan nyaman dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Tidak hanya itu saja, kampanye yang digelar dalam kurun waktu 24 jam ini juga memiliki misi mulia yaitu untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang cukup tinggi. Hingga saat ini pengguna internet Indonesia sudah mencapai 100 juta pengguna lebih.

Harbolnas
Image source: ShopBack

Di Indonesia, acara sejenis Cyber Monday atau Black Friday baru memulai debutnya pada tanggal 12 Desember 2012. Dengan tanggal unik 12.12.12, perayaan ajakan untuk melakukan berbelanja online yang dipelopori  LAZADA ini, terus berlangsung hingga saat ini.

LAZADA tidak sendirian, beberapa pemain e-Commerce Indonesia terkenal lainnya seperti ZALORA, Tokopedia, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, dan banyak lagi e-Commerce lain juga turut serta memeriahkan perayaan besar hari belanja online tersebut. Para pelaku e-Commerce memiliki satu tujuan yang sama yaitu demi memajukan industri e-Commerce dan memenuhi swegala kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online. Diskon yang diberikan saat acara Hari Belanja Online Nasional juga cukup besar yang bisa mencapai 80%.

Perayaan

Dalam setiap tahun perayaan Hari Belanja Online Nasional selalu mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Terinspirasi dari Cyber Monday di Amerika, setiap pelaku e-Commerce berkolaborasi memberikan pelayanan yang terbaik dengan berbagai penawaran yang menarik seperti diskon besar serta promosi lainnya hanya dalam satu hari.

Dan sungguh luar biasa, di tahun 2017 ini Hari belanja Online Nasional kembali digelar dengan peningkatan jumlah peserta yang cukup significan menjadi  254 e-Commerce yang setiap perusahaan memberikan penawaran diskon bagi para konsumen secara besar-besaran. Peserta Hari Belanja Online Nasional 2017 terdiri dari toko online terkemuka seperti Traveloka, LAZADA, ZALORA, Tokopedia, Alfacart, JD id, Elevenia dan masih banyak lagi yang lainnya.
Hari Belanja Online Nasional

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: