Mengenal Potensi Diri Yang Ada Pada Manusia

Saungmaman.com - Mengenal Potensi Diri Yang Ada Pada Manusia

Potensi diri adalah merupakan gabungan berupa kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal oleh seseorang. Setiap orang memiliki tingkat potensi diri yang berbeda-beda.


Secara umum, jenis-jenis potensi diri dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Kemampuan dasar, yaitu berupa tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap.

2. Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan seseorang terhadap tekanan.

3. Kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional maupun sosial yang ditata secara khas di bawah aneka pengaruh luar.

Baca juga:  The Power of Antusiasme

"Howard Gardner", seorang psikolog dunia, menjelaskan bahwa potensi yang terpenting dalam diri manusia adalah intelegensi, yaitu sebagai berikut:

Intelegensi linguistik
Yaitu intelegensi yang menggunakan dan mengolah kata-kata, baik lisan maupun tulisan, secara efektif. Intelegensi jenis ini antara lain dimiliki oleh para sastrawan, editor, dan para jurnalis.

Intelegensi matematis-logis
Yaitu kemampuan yang lebih berkaitan dengan penggunaan bilangan atau angka, pola logika dan perhitungan.

Intelegensi ruang
Adalah kemampuan yang berkenaan dengan kepekaan mengenal bentuk dan benda secara tepat serta kemampuan menangkap dunia visual secara cepat. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para arsitek, dekorator dan para pemburu.

Intelegensi kinestetik-badani
Yaitu kemampuan menggunakan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlet dan ahli bedah.

Intelegensi musikal
Yaitu kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk dan jenis  musik dan suara. Kemampuan ini terdapat pada pencipta lagu dan penyanyi.

Intelegensi interpersonal
Yaitu kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, motivasi, dan watak atau temperamen orang lain seperti yang dimiliki oleh seseorang motivator dan fasilitator.

Intelegensi intrapersonal
Adalah kemampuan seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan berefleksi (merenung) dan keseimbangan diri.

Intelegensi naturalis
Adalah kemampuan untuk mengenali, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengkategorikan apa yang dia lihat atau jumpai di alam atau di lingkungannya.
Sumber: Wikipedia
Mengenal Potensi Diri Yang Ada Pada Manusia

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: