6 Manfaat Google Translate yang Belum Banyak Diketahui

Saungmaman.com - 6 Manfaat Google Translate yang Belum Banyak Diketahui

Sahabat Saung Maman yang baik, siapa yang nggak kenal dengan Google Translate? Aplikasi dan software program penerjemah buatan raksasa teknologi Google ini memang ngetren banget saat ini dan sudah digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Gimana gak ngetren, aplikasi ini memang sangat membantu untuk menerjemahkan banyak bahasa yang nggak diketahui sebelumnya. Misal, ada petunjuk pemakaian obat dalam bahasa asing maka kamu bisa deh memanfaatkan Google Translate untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar.


Meski populer, ternyata masih banyak saja orang yang nggak paham kalau Google Translate itu punya banyak manfaat unik yang tersembunyi. Beberapa diantaranya seperti yang akan diuraikan di bawah ini:

1. Bisa translate kalimat otomatis dengan sekali tekan saja!

Semenjak beberapa waktu lalu, Google Translate ternyata sudah bisa digunakan dengan lebih mudah lho. Kamu nggak perlu memindahkan kalimat yang kamu ingin terjemahkan ke aplikasi Google Translate atau sebaliknya. Tinggal sorot teks yang mau kamu terjemahin, maka secara otomatis akan muncul pop-up tap to Translate.

Ketuk pop-up tersebut ketika kamu mau menerjemahkan dan mendengarkan ungkapan atau juga mengubah bahasa. Jika ada kalimat baru yang mau kamu terjemahkaan maka cukup tekan tombol New Translation dan tekan tombol replica untuk salin hasil terjemahan dari pop-up Google Translate.

Fitur ini bisa kamu nikmati di semua aplikasi dan dapat bekerja secara offline juga lho. Namun ada syaratnya, kamu wajib sudah mendownload paket bahasa yang sesuai biar bisa menerjemahkan bahasa secara otomatis dan offline.

2. Ngobrol sama orang asing pakai Google Translate juga bisa!

Pas lagi jalan di trotoar tiba-tiba ada orang bule dari Amerika ngajak kamu ngobrol untuk menanyakan jalan. Namun sudah keburu minder karena gak bisa bahasa Inggris, kamu pun jadi diam saja dan malah nggak membantu.

Nah, kondisi seperti di atas nggak bakal kamu alami kalau sudah menggunakan Google Translate. Soalnya, dengan Google Translate ternyata kamu mampu berkomunikasi langsung dengan orang asing pakai bahasamu yang diterjemahkan secara otomatis.

Tinggal omongin atau ketik saja kalimat yang kamu maksudkan di aplikasi, terus Google Translate secara otomatis bakal menterjemahkannya ke bahasa yang dimaksud. Namun dengan catatan, asal bahasa yang digunakan sudah termasuk ke dalam 32 bahasa yang didukung oleh Google Translate.

3. Menterjemahkan kalimat lewat gambar

Misal pas lagi liburan ke Jepang, ternyata buku menunya complete berbahasa Jepang. Ketimbang bingung-bingung nerjemahin satu-satu, mending kamu langsung deh translate pakai gambar yang sudah dijepret dulu pakai kamera.

Jadi nih, di aplikasi Google Translate sekarang sudah ada fitur kamera yang fungsinya buat mengambil kalimat yang pengen diterjemahin. Lebih praktis juga otomatis dan simpel!
4. Terjemahkan tanpa kuota

Ya, siapa yang sangka kalau sekarang men-translate sebuah kalimat dengan bahasa asing bisa dilakukan tanpa kuota internet lho. Asalkan, kamu sudah punya database kalimat dari bahasa yang ingin kamu translate maka tanpa internet pun bahasa asing sesusah apapun bisa diterjemahin dengan mudah dan cepat tanpa kuota.

5. Gak perlu sibuk ngetik, kamu juga bisa men-translate pakai suara

Sejak beberapa waktu lalu, Google Translate kini bisa digunakan untuk menerjemahkan kalimat dari bahasa asing tanpa perlu kamu sibuk mengetiknya secara manual. Jadi, kamu juga bisa menerjemahkan kalimat yang kamu maksud pakai suara aja.

Tinggal, mengucapkan apa yang mau kamu translate dan secara otomatis Google Translate bakal menerjemahkan sesuai pilihan bahasa yang kamu pilih. Gampang sekali kan?

6. Bonus nih, kamu juga bisa ngerap pakai Google Translate

Tahu gak sih, Google Translate juga punya fitur textual content-to-speech? Fitur ini ternyata bisa kamu manfaatin juga buat bikin Google Translate jadi bisa ngerap. Caranya cukup mudah, pertama-tama buka dulu Google Translate lalu masukan saja teks ngasal seperti berikut ini ke dalam kolom translate:

Kkkk shshsh bcbcbc kdkdkdkdk bcbcbc mbmbmb kfkfkfk jdjdjdj
Jsjsjsj lfklfkfkffl bcbcbcbcb jrkrkrkrk mbmbkbkgkg lflkflflflflflflfkj

Setelah semuanya masuk, sekarang ubah pilihan bahasanya jadi Jerman. Akhirnya tekan tombol text-to-speech dan coba dengarkan, mirip orang ngerap.

Itulah 6 Manfaat Google Translate yang Belum Banyak Diketahui yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
6 Manfaat Google Translate yang Belum Banyak Diketahui

You Might Also Like:

Buka Komentar