Cara Cek Speed Blog Anda

Cara Cek Speed Blog Anda. Kecepatan loading sebuah blog sangat banyak ditentukan oleh kemampuan si pemilik blog dalam mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan template, widget, font, besar ukuran gambar atau video dll.

Walaupun di artikel yang lalu saya sudah pernah membahas mengenai cara mempercepat loading blog, namun tak ada salahnya kalau saya kembali membahas tentang hal ini, karena mungkin masih ada sobat-sobat yang belum membacanya.

Mengatur sedemikian rupa susunan widget, gambar dan template merupakan faktor terpenting dalam mengatur kecepatan speed blog disamping faktor-faktor lainnya. Apakah loading blog sobat cukup cepat? Ataukah lambat bahkan sangat lambat? Semua bisa diketahui dengan melakukan test di link berikut:

                       https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Cara ngeceknya cukup mudah, silahkan masukan url blog sobat di kolom yang disediakan, setelah itu akan muncul hasilnya disana dan cara memperbaiki apa-apa saja yang menurut google kurang baik dan mengganggu kecepatan loading blog. Kalau hasilnya bagus, tentunya kita sudah berhasil membangun sebuah blog dengan speed yang baik, tapi kalau masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki yaa... apa boleh buat kita harus bekerja lebih keras lagi agar kondisi blog kita dalam keadaan "sehat" dan berjalan mulus tanpa hambatan, wuuzzz... wuuuzzz...

Untuk blog saya, alhamdulillah, setelah berganti template kecepatannya lumayan bagus menurut ukuran saya, ss-nya bisa dilihat dibawah ini:

       




Nah, demikian sekilas tentang Cara Cek Speed Blog Anda, semoga ada manfaatnya. 

Update:
Satu lagi yang tak kalah penting adalah apakah blog kita termasuk  blog yang mobile-friendly atau tidak? Soalnya saat ini banyak sekali pengunjung blog yang menggunakan smartphone atau gadget dalam mengakses blog. 

Blog yang karakteristiknya mudah di akses baik oleh dekstop atau mobile-phone tentunya lebih baik dan akan lebih disukai ketimbang blog yang berat loadingnya saat di akses.

Untuk mengetahui apakah blog anda mobile-friendly atau tidak, silahkan cek disini:
            
                  https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ 


 

Cara Cek Speed Blog Anda

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: