5 Khasiat Bambu Kuning Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Saungmaman.com - 5 Khasiat Bambu Kuning Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Bambu Kuning seringkali kita jumpai baik di halaman rumah bagian depan maupun belakang sebagai penghias halaman tersebut sekaligus pagar pelapis setelah pagar tembok atau besi. Selain membawa kesan alami halaman yang ditanami bambu kuning terasa lebih segar karena dapat menyaring polusi udara disekitar halaman tersebut.

Bambu Kuning

Bambu kuning ini punya banyak sekali peminatnya, karena memang memiliki daya tarik baik dari segi warna maupun bentuknya yang sangat unik dan menarik. Ka­rena memiliki kelebihan ini maka tanaman yang satu ini digolong pada jenis tanaman hias juga. Namun dibalik keindahan dan keunikan itu ternyata bambu kuning memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: 4 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Pada praktek pengobatan Cina, tanaman bambu sering digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit akibat infeksi.Tanaman bambu mengandung sumber potassium rendah kalori serta memiliki rasa unik yang dikenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Di India pada pengobatan tradisional, konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut blanslochan. Sedangkan pada system pengobatan Indo Persia, blanslochan dikenal sebagai tabashir atau tashwir. Dijelaskan bahwa konkresi ini dapat menjadi obat penguat pada penyembuhan penyakit pernapasan.

Adapun khasiat lain yang terkandung dalam bambu kuning adalah dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman bambu kuning.

1. Bambu Kuning Sebagai Makanan Vegetarian
Selain berfungsi sebagai tanaman hias dan untuk pengobatan, banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai makanan tambahan, yaitu memanfaatkan rebungnya untuk dijadikan sayuran.

2. Obat Lever dan asam urat
Bambu kuning memiliki kandungan zat yang namanya flavonoid, yang berfungsi sebagai obat lever dan dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan asam urat. Dengan rajin mengkonsumsi daun bambu, maka kadar asam dalam tubuh menurun, dikarenakan kandungan zat pada daun bambu yang kaya akan flavon. Selain sebagai sumber antioksidan, flavon juga berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

3. Pereda batuk
Manfaat lain dari daun bambu adalah untuk meluruhkan dahak, meredakan batuk, dan mengatasi susah napas dan menetralkan racun dalam tubuh. Di Cina, ekstrak dari daun bambu dimanfaatkan sebagai obat untuk melindungi jantung.

4. Mengatasi keputihan
Air yang dihasilkan dari bambu mengandung mineral dan oksigen yang berkadar cukup tinggi, sehingga sangat membantu bagi kaum wanita dalam menyembuhkan penyakit keputihan.

5. Penghilang lemak dan kolesterol
Tanaman bambu yang banyak mengandung air mineral juga dapat digunakan untuk pengobatan alternative guna menghilangkan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Demikianlah artikel Saungmaman mengenai 5 Khasiat Bambu Kuning Yang Belum Diketahui Banyak Orang kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.
 
5 Khasiat Bambu Kuning Yang Belum Diketahui Banyak Orang

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: