Ingin Jadi Blogger? Jadilah Blogger Multitasking

Saungmaman.com - Ingin Jadi Blogger? Jadilah Blogger Multitasking

Menekuni dunia blogging itu sebenarnya mudah, dalam arti bukan sesuatu yang sulit dipelajari. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengubah mindset atau cara berpikir kita yang tadinya menganggap kegiatan ngeblog itu sulit menjadi sesuatu yang mudah dan bisa kita pelajari.

Setelah kita memiliki pola pikir yang baik dan positif tentang dunia tulis menulis dengan media blog, maka saatnya mulai berkarya.

Bagi anda para pendatang baru yang baru saja memulai kegiatan ngeblog, ada baiknya mempelajari dasar-dasarnya dulu. Misalnya, apa saja platform blog yang bisa kita gunakan. Pada umumnya para blogger menggunakan platform blogspot dan wordpress.

Untuk blogspot, syarat utamanya adalah harus memiliki akun email Gmail, karena blogspot merupakan produk dari Google. Sedangkan untuk wordpress bisa menggunakan  email apa saja.

Nah, silahkan sobat tentukan pilihan mau pakai yang mana, wordpress atau blogspot. Setelah pilihan ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat blog.

Membuat  blog di blogspot. Menurut hemat saya, membuat blog di blogspot itu jauh lebih mudah, selain tampilannya yang sederhana, juga mudah dalam pengoperasian. Kita hanya dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat tampilan blog agar enak dilihat.

Blogger Multitasking 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar blog kita lebih dikenal luas oleh para pembaca. Silahkan sobat teruskan membaca beberapa tips berikut ini, untuk mempercantik tampilan blog:

1. Memilih template blog
Memilih template blig bisa dilakukan dengan memilih template gratis yang sudah disediakan di dashboard blog, atau dengab membeli template premium yang banyak ditawarkan di internet.

2. Lakukan kustomisasi tampilan blog
Buat tanpilan blig sebagus mungkin, tambahkan widget blog dengan beberapa unit widget yang dirasa perlu. Tapi perlu diperhatikan, hanya widget yang penting-penting saja yang kita pilih, kalau tidak, maka akan berpengaruh terhadap loading blog.

3. Melengkapi blog dengan halaman statis.
Adalah penting untuk melengkapi blog dengan halaman statis, buatlah halaman statis seperti about, sitemap, contact us, disclaimer dan privacy policy. Ini penting agar blog kita memiliki tampilan yang bagus dan tampak lebih profesional.

4. Membuat konten asli dan bukan hasil copy paste.
Blog yang baik adalah blog yang berisi informasi hasil pencarian dan pengumpulan data yang kemudian di sajikan dalam bentuk tulisan dengan gaya bahasa kita sendiri.

Google sangat menyukai artikel-artikel yang dibuat berdasarkan pemikiran para penulisnya yang mempunyai keunikan dan kreatifitas dalam memaparkannya. Tidak monoton ataupun terlalu berbelit-belit.

5. Kelengkapan pendukung artikel.
Artikel yang baik berisi informasi yang lengkap, tidak sekedar tulisan namun harus memiliki sarana pendukung untuk kelengkapan data supaya informasi yang disajikan menjadi lebih lengkap dan akurat.

Sisipkan beberapa buah gambar pada setiap artikel, untuk keperluan ini, kita bisa mencarinya di internet, banyak situs yang menyediakan gambar gratis untuk keperluan dunia blogging, salah satunya adalah pixabay.com. Namun alangkah baiknya bila gambar penunjang ini merupakan hasil jepretan kamera sendiri, lebih disarankan.

6. Membagikan artikel ke berbagai media sosial.
Setelah artikel berhasil kita publish, jangan lupa untuk membagikannya ke berbagai media sosial, hal ini dimaksudkan agar postingan kita bisa menyebar luas dan makin banyak dikenal orang.

7. Jadilah blogger multitasking.
Agar blog yang kita kelola mampu bersaing dengan blog-blog lain yang sudah lama beredar, maka kita harus bisa melakukan banyak hal dalam suatu kegiatan (multitasking).

Menjadi blogger itu mudah namun harus kreatif. Karena hanya dengan kreatifitas dan mau bekerja lebih, apapun rintangannya pasti bisa kita lewati. Multitasking berarti fleksibel, jangan terpaku hanya pada satu topik saja. Fleksibel berarti mampu beradaptasi dengan setiap keadaan, tidak kaku.

Nah, kiranya itulah beberapa hal yang bisa dilakukan bila sobat ingin menjadi seorang blogger. Pintar saja tidak cukup, tapi kreatifitas dan mampu bekerja secara multitasking, itu jauh lebih baik.

Demikianlah artikel Saung Maman bertajuk Ingin Jadi Blogger? Jadilah Blogger Multitasking  kali ini, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat.

Advertisement
Ingin Jadi Blogger? Jadilah Blogger Multitasking

You Might Also Like: