Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian

Saungmaman.com - Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian

Selama ini mungkin kita sering marah dan kesal saat kehilangan sesuatu atau apa yang kita inginkan tidak dapat terlaksana. Tidak sedikit juga yang malah menyalahkan Allah dan menganggap-Nya tidak adil bahkan jahat.

Sekarang bayangkan sebuah kisah singkat berikut ini..

Ada seorang anak balita yang sedang bermain di dapur dan ibunya sedang memasak. Tiba-tiba terlihat balita itu mengambil sebuah benda tajam dan memainkannya. Kira-kira apa yang akan dilakukan oleh sang ibu? Ya, betul. Si Ibu itu langsung mengambil benda tajam dari anak balita tersebut. Kemudian anak balita itu marah lalu meledaklah tangisannya. Karena merasa sang ibu melarangnya bermain dengan benda yang ingin dimainkan olehnya.


Apakah ibu tersebut jahat? Apakah dia tidak adil pada anaknya? Lalu mengapa sang ibu merebut benda tersebut dari tangan anaknya?

Karena itulah kasih sayang Ibu. Ibu tahu kalau pisau itu bisa membahayakan balitanya. Kemudian ibu itu menyelamatkan balitanya dengan mengambil barang yang sedang diinginkan oleh balita tersebut.

Lalu mengapa balita itu menangis dan tidak menerima keputusan sang ibu? Karena balita itu tidak tahu bahwa itu membahayakan dan tidak baik untuk dirinya. Itu kenapa dia menangis dan merasa sang ibu tidak adil dengan melarangnya untuk bahagia.
Baca juga: Tidak Diterima Sholat Istri yang Durhaka Terhadap Suaminya
Begitu juga dengan Allah. Bisa jadi kita menganggap sesuatu itu baik, tapi ternyata buruk dihadapan Allah dan sebaliknya, bisa jadi kita menganggap sesuatu itu buruk padahal itu adalah sesuatu yang baik untuk kita. Allah lebih tahu apa yang terbaik dan yang buruk untuk kita.

Sama seperti ibu itu, Allah sayang pada kita, Dia tidak mau hamba-Nya celaka, dia selalu memilihkan takdir terbaik untuk kita, karena kasih dan sayang-Nya. Ironisnya, karena kita tidak tahu dibalik takdir-Nya, kasih sayang-Nya itu seringkali kita tuduh sebagai sesuatu yang jahat dan tidak adil.

Andai kita tahu hikmah dibalik setiap hal yang terjadi pada diri kita, maka kita akan selalu merasa kurang beribadah dan bersyukur kepada-Nya. Karena betapa berharganya nikmat dari hikmah yang diberikan oleh Allah pada setiap peristiwa kehidupan kita.

Demikian artikel motivasi mengenai Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian yang bisa saya share kali ini, semoga ada hikmah yang bisa kita ambil dari tulisan ini.
Advertisement
Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...