Punya Banyak Akun Medsos Apa Untungnya?

Saungmaman.com - Punya Banyak Akun Medsos Apa Untungnya?

Mempunyai banyak akun media sosial (medsos) tentu ada tujuannya. Dari yang sekedar iseng, ikut-ikutan, gaya-gayaan atau punya tujuan lain yang memang perlu untuk kepentingan tertentu. Semua sah-sah saja dilakukan selama hal itu tidak berlebihan.

Siapapun boleh memiliki banyak akun medsos. Namun satu hal yang perlu diingat, punya banyak akun medsos tentu ada sisi baik dan sisi buruknya, tergantung bagaimana si pemilik akun dalam mengelolanya.

Motivasi setiap orang tentu berbeda-beda, mereka yang pandai memenej akun untuk hal-hal positif, tentu saja adanya banyak akun merupakan asset yang sangat berharga dan perlu dipertahankan.

Namun bagi sebagian orang yang tidak memiliki kemampuan dalam mengatur banyaknya akun yang mereka miliki tentu hal ini merupakan hal yang sia-sia dan tidak ada gunanya.

Bagi para pelaku bisnis on-line, memiliki banyak akun medsos merupakan suatu keharusan bila menginginkan usahanya berkembang menjadi besar. Hal ini dimungkinkan karena semua bisnis on-line dipasarkan melalui sistem jaringan yang membutuhkan banyak relasi untuk memasarkan produk yang ingin mereka jual.

Dengan banyaknya relasi yang bisa dijangkau melalui hubungan orang per-orang melalui situs jejaring sosial, maka potensi terjadinya proses transaksi akan semakin besar.

Lain halnya dengan mereka yang menggunakan akun medsos hanya untuk iseng atau bersenang-senang semata, maka tidak ada nilai positif yang bisa mereka dapatkan selain hanya berupa kesenangan sesaat yang bisa hilang dalam sekejap.

Bahkan pada banyak kasus, sering terjadi adanya dampak negatif akibat terlalu asyik ber-media sosial, yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Yang harus kita lakukan pertama kali adalah membatasi diri. Pilihlah akun media sosial yang sekiranya cocok dengan kebutuhan kita. Jangan terlalu banyak membuat akun media sosial yang tidak perlu, karena bila hal itu dilakukan, maka yang terjadi adalah hanya akan membuang-buang waktu saja, untuk sesuatu yang tidak produktif.

Social Network

Fokuskan hanya pada beberapa akun yang bisa terhubung satu sama lain, ini bertujuan agar setiap aktivitas yang kita lakukan di media sosial bisa semuanya terkontrol dengan baik. Dengan mudahnya mengawasi setiap akun medsos yang kita miliki, maka kita tidak akan kehilangan second berharga dari setiap aktivitas yang terjadi di semua akun.
Baca juga: Cara Mudah Membuat Tombol Link Media Sosial di Blog
Amankan akun dengan mengaktifkan fitur keamanan ganda. Hal ini penting agar semua akun yang merupakan asset berharga bagi kita tidak mudah diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Yang tak kalah penting juga, gunakan setiap akun dengan bijak untuk tujuan yang baik-baik dan bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jangan menebar kebencian atau menyebarkan berita bohong atau hoax yang hanya akan menurunkan nilai kita di mata orang lain.

Punya banyak akun medsos tidak dilarang, namun alangkah baiknya bila kita lebih bijak dengan membatasi diri untuk tidak mengumbar seluruh privasi kita kepada publik. Gunakan medsos hanya untuk berbagi hal-hal yang baik, yang menginspirasi dan berdampak positif bagi perkembangan emosi dan kejiwaan.

Semoga kemampuan kita dalam mengelola banyak akun medsos akan berdampak positif bagi semua relasi yang terhubung dengan kita. Selain itu, semoga etika bersosialisasi secara bijak melalui media net akan makin meningkat sejalan dengan tingkat kedewasaan kita dalam berinteraksi menggunakan media sosial.

Lalu, Punya Banyak Akun Medsos Apa Untungnya? Silahkan Anda merenungkannya sendiri yaa...
Punya Banyak Akun Medsos Apa Untungnya?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: