Cara Jitu Mengatasi Motivasi yang Sering Naik Turun

Saungmaman.com - Cara Jitu Mengatasi Motivasi yang Sering Naik Turun

Beberapa orang sahabat mengeluhkan sulitnya mempertahankan motivasi atau semangat agar bisa stabil. Sebagian besar mengaku sering merasa down setiap kali menemui persoalan yang cukup berat.

Soal semangat yang sering naik turun merupakan hal biasa dalam kehidupan. Seringnya orang begitu bersemangat ketika di awal memulai sesuatu, namun seiring waktu, kemudian perlahan semangat itu mulai meluntur.


Lalu, agaimana sebaiknya mengatasi persoalan tersebut? Berikut ini beberapa tips yang bisa kita terapkan agar motivasi tetap dalam kondisi stabil.

1. Coba lihat kembali tujuan hidup
Apa tujuan utama hidup kita? Apa tujuan melakukan suatu hal? Entah itu bekerja, berbisnis atau apapun. Saat semangat kerja mulai menurun, coba tenangkan diri. Lihat kembali tujuan kenapa melakukannya. Apa yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut. Apakah sebuah rumah yang nyaman untuk keluarga, bertempat tinggal, apakah ajang ekspresi diri, apakah tujuan untuk membantu orang lain meraih kehidupan yang lebih berkualitas? Atau apa?
Baca: Apa Tujuan Terbesar dalam Hidupmu? 
Coba tengok kembali tujuan hidup kita. Perjelas tujuan tersebut, karena sebuah tujuan akan membimbing kita untuk tetap kuat dan tetap bertahan dalam memperjuangkannya.

2. Hilangkan stres
Saat motivasi sedang menurun, mungkin saja kondisi pikiran sedang dalam keadaan stres. Tekanan yang kita anggap begitu berat sedang menghimpit. Dan itu sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mental.

Coba pikirkan baik-baik kondisi saat ini. Apakah stres yang dialami ini memang kita butuhkan? Jika tidak, mari singkirkan agar kita bisa fokus pada tujuan! Jika ada masalah yang membuat kehidupan kita stres, mari selesaikan masalah itu.

3. Sharing dengan yang lain
Saat semangat dalam kondisi menurun, mungkin perlu sharing dengan yang lain. Kita bisa ngobrol dengan teman atau kolega. Ceritakan setiap masalah pada mereka. Mungkin mereka punya solusi yang bisa membuat semangat kita kembali bangkit.

4. Serahkan segala urusan pada-Nya
Setiap persoalan pasti ada solusinya. Serahkan segalanya pada Yang Maha Kuasa. Dekatkan diri pada-Nya. Perbanyak doa dan mintalah petunjuk untuk jalan terbaik yang harus ditempuh.

Saat bangun di pagi hari, coba renungkan ini jika masih dalam kondisi yang kurang bersemangat. Berpasrah diri bisa menjadi solusi dalam menghadapi setiap persoalan yang kita hadapi.
Advertisement
Cara Jitu Mengatasi Motivasi yang Sering Naik Turun

You Might Also Like:

Buka Komentar