Perlukah Mengupdate Artikel Blog yang Sudah Lama?

SaungMaman - Perlukah Mengupdate Artikel Blog yang Sudah Lama?

Artikel blog yang sudah lama sesekali perlu di update agar bisa muncul kembali di mesin pencarian. Kenapa hal ini perlu dilakukan, karena postingan yang lama tidak di update besar kemungkinan akan "tenggelam" oleh postingan baru yang lebih fresh dan up to date.


Berdasarkan pengalaman pribadi, mengupdate artikel blog yang sudah lama berdampak cukup baik bagi keberadaan blog dilihat dari banyaknya jumlah viewer dibandingkan dengan sebelumnya.

Perlukah Mengupdate Artikel Blog yang Sudah Lama?
Perlukah Mengupdate Artikel Blog yang Sudah Lama?

Saya melakukan percobaan selama bulan Oktober 2020 ini dengan mengupdate banyak artikel lama menjadi seolah-olah baru di posting pada bulan Oktober dengan cara mengubah tanggal publikasi dengan tanggal terbaru tanpa mengubah permalinknya. Dan hasilnya cukup menggembirakan karena terjadi peningkatan jumlah visitor yang cukup signifikan.

Baca juga: Tutorial Blog yang Benar

Berdasarkan data tersebut, saya menyimpulkan bahwa mengupdate artikel blog lama menjadi artikel baru berdampak cukup baik bagi kesehatan blog asalkan dilakukan dengan cara-cara yang benar.

Baca juga: 5 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Walau Jarang Update

Dalam melakukan pembaharuan artikel, perlu memperhatikan  beberapa hal agar hasilnya lebih maksimal. Diantaranya adalah:

1. Melakukan beberapa perubahan pada tulisan, menambah atau mengurangi kata-kata yang sekiranya perlu diperbaiki.

2. Menambah poin-poin yang dirasa kurang, mengurangi poin-poin yang dirasa sudah tidak relevan.

3. Menambah deskripsi pencarian, dll.

Setelah selesai mengupdate, jangan lupa untuk membagikan artikel lama yang sudah diperbaharui tadi ke berbagai media sosial seperti Facebook, Status WhatsApp, LinkedIn atau Twitter.

Khusus untuk Twitter, saya punya pengalaman yang cukup menarik, yaitu adanya peningkatan jumlah pengunjung setiap kali selesai membagikan artikel lama yang diperbaharui tadi ke Twitter. Walaupun jumlah follower Twitter saya tidak sampai 1000-an orang, namun dampaknya cukup besar dalam menambah jumlah viewer blog.

Mengupdate Artikel Lama
Peningkatan Jumlah Viewer

Bagi sobat yang punya jumlah follower Twitter ribuan, trik ini boleh dicoba dan lihat hasilnya. Bila sobat rajin melakukan seperti yang saya lakukan tadi, saya yakin akan terjadi peningkatan jumlah pengunjung blog yang cukup signifikan.

Selain rajin membagikan artikel 'daur ulang', boleh juga ditambahkan dengan rajin blog walking atau berkunjung ke blog sahabat untuk mempererat silaturahmi sesama blogger. Aktivitas ini juga cukup efektif dalam membantu agar penambahan jumlah visitor bisa meningkat lagi karena kehadiran kita di blog sahabat cukup berkontribusi dalam mendatangkan pengunjung-pengunjung baru bagi blog kita 

Satu hal lagi yang juga tak kalah pentingnya adalah untuk mendaftarkan url blog kita ke berbagai situs mesin pencarian. Ini dimaksudkan agar setiap kali kita selesai membuat artikel baru (walaupun sebenarnya adalah artikel lawas) dapat segera di index oleh mesin pencari yang tentu saja akan menambah nilai bagi eksistensi blog kita di mesin pencari.

Kiranya itu saja pembahasan mengenai Perlukah Mengupdate Artikel Blog yang Sudah Lama? Yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Advertisement
Perlukah Mengupdate Artikel Blog yang Sudah Lama?

You Might Also Like: