Sedang Viral: Reface, Aplikasi Tukar Wajah dengan Teknologi AI

By SaungMaman

Sebuah aplikasi yang bisa mengubah wajah dalam video sedang viral, namanya adalah Reface. Aplikasi ini mampu mengubah wajah (deepfake) dalam video menjadi wajah orang lain dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. 

Sedang Viral: Reface, Aplikasi Tukar Wajah dengan Teknologi AI
Pada awalnya teknik mengubah wajah dalam video ini membutuhkan keahlian yang sangat tinggi, namun sekarang cukup dengan menggunakan sebuah aplikasi siapapun bisa melakukannya hanya dengan beberapa klik. 

Tentang Reface

Reface adalah sebuah aplikasi mobile iPhone dan Android yang mampu menganalisa dan mengubah wajah seseorang dengan wajah yang kita mau. Teknologi yang diusung adalah AI dengan Neural Network yang memiliki kemampuan canggih dalam mengenal fitur-fitur wajah manusia. Teknologi ini mampu mengubah data-data fitur wajah menjadi angka-angka dalam sebuah set bernama set-embedding dan memprosesnya sehingga bisa di ganti-ganti. 
Karena bentuknya gambar gerak, maka untuk membuatnya lebih realistis digunakanlah teknologi framework GAN (Generative Advesarial Network). Hal inilah yang membuat aplikasi Reface bisa bekerja dengan baik. 

Bagaimana cara menggunakan Reface? 

Untuk menggunakan aplikasi Reface, caranya sangat mudah. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Download aplikasi Reface di Playstore (Android) atau App Store (bagi pengguna iPhone)

2. Setelah terinstal bukalah aplikasi dan izinkan untuk mengakses kamera. 

3. Ambil foto selfie, atau sebuah foto yang ada di galeri smartphone

4. Pilih sebuah template video dalam aplikasi

5. Tunggu proses perubahan wajah

6. Download video dan simpan atau bagikan. 



Ada kekhawatiran kalau kemampuan mengubah wajah ini dapat disalahgunakan atau bisa merusak nama baik/reputasi seseorang. Tapi tenang saja karena sifatnya untuk hiburan maka kemungkinan untuk itu sepertinya kecil sekali. Ini dibuktikan dengan koleksi video template yang ada dalam aplikasi sebagian besar merupakan meme dan video-video populer di Internet. Intinya aplikasi ini bertujuan untuk bersenang-senang, jadi gunakan dengan bijak...  

Nah, demikian info singkat mengenai Sedang Viral: Reface, Aplikasi Tukar Wajah dengan Teknologi AI kali ini, semoga bermanfaat. 


Sedang Viral: Reface, Aplikasi Tukar Wajah dengan Teknologi AI

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape