Penggunaan Masker Wajah Sisi Baik dan Dampak Buruknya

By SaungMaman

Masker wajah banyak dilakukan terutama oleh kaum wanita dengan berbagai tujuan, salah satunya untuk menjaga kesegaran dan elastisitas kulit wajah. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan masker wajah memiliki bukan hanya sisi baik tetapi juga ada dampak buruknya. 

Pada beberapa jenis kulit, bisa saja kandungan bahan yang terdapat dalam masker bisa menyebabkan dampak yang kurang baik bahkan bisa berakibat fatal. Untuk itu sebelum memutuskan melakukan perawatan wajah dengan masker, ketahui terlebih dahulu bahan apa saja yang terkandung dalam masker yang akan digunakan. 

Masker Wajah
Penggunaan Masker Wajah: Sisi Baik dan Dampak Buruknya | sumber gambar: Pixabay.com

Sisi Baik Penggunaan Masker Wajah


1. Manfaat penggunaan masker untuk menjaga kelembapan kulit

Salah satu manfaat penggunaan masker pada wajah adalah kemampuannya untuk melembabkan kulit. Kandungan bahan tertentu yang terdapat dalam masker wajah mampu menjaga kondisi kulit wajah tetap lembab, terasa dingin dan bebas gerah. Itulah kenapa banyak kaum wanita yang suka melakukan perawatan pada wajah dengan maskeran. 

2. Membantu membersihkan kotoran dalam pori-pori

Rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan bahan alami dalam produk masker, dipercayai dapat menjaga kebersihan pori-pori wajah. Sisa kotoran yang sebelumnya sulit dibersihkan dengan sabun biasa, dengan perawatan menggunakan masker wajah yang teratur, kotoran bisa hilang dan tidak meninggalkan dampak buruk bagi kulit.

Penggunaan Masker Wajah
Sumber: Unsplash


3. Membantu merelaksasi kulit

Maskeran yang dilakukan dengan benar, mampu memberikan sensasi nyaman bagi kulit. Kulit wajah yang cenderung terlihat kusam dan penuh kerutan akibat aktivitas sehari-hari, akan terasa lebih rileks dan terkesan dingin dan sejuk. Gunakan masker wajah berbahan alami tanpa zat kimia, maka efek relaksasinya akan terasa jauh lebih dominan. 


Mengetahui dampak buruk penggunaan masker wajah

1. Adanya iritasi pada kulit

Salah satu dampak buruk penggunaan masker wajah yang biasanya dialami antara lain iritasi berlebihan pada kulit karena ketidakcocokan. Penting untuk memahami kondisi kulit kita sebelum menggunakan masker wajah. Pilih jenis masker wajah yang ringan bila kulit kita kurang bisa menerima bahan-bahan yang tergolong kontradiktif untuk jenis kulit kita.

2. Menyebabkan ketergantungan

Pada sebagian orang, penggunaan masker wajah seringkali menyebabkan ketergantungan. Hal ini tentu merupakan suatu hal yang perlu dihindari. Seperti kita ketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan terlebih pada perlakuan kulit wajah, akan berakibat kurang menguntungkan untuk kulit dalam jangka panjang. Untuk biru, hindari efek ketergantungan pada penggunaan masker wajah.

3. Masalah biaya

Dampak negatif lainnya dari penggunaan masker wajah khususnya yang harganya mahal, tentu akan berdampak pada kondisi keuangan. Sebisa mungkin, bijaklah dalam mengeluarkan uang untuk biaya perawatan wajah dengan masker. Bila tidak terlalu mendesak sebaiknya penggunaan masker wajah tidak perlu dilakukan terlalu sering. 
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan masker wajah selain baik untuk perawatan kulit juga memiliki beberapa dampak buruk yang perlu kita hindari. Semoga artikel ini bisa meminimalisir dampak buruk tersebut dan apa yang kita harapkan dengan penggunaan masker wajah dapat sesuai dengan yang kita inginkan. 


Untuk artikel-artikel menarik lainnya, teman-teman bisa mengunjungi situs beranda.co.id, yang merupakan portal berita online yang mengupas beragam info bisnis dan kewirausahaan untuk kalangan Milenial dan Gen Z. Di Beranda.co.id teman-teman juga bisa mendapatkan berbagai tips bisnis, gaya hidup, kesehatan, olahraga, dan banyak lagi artikel-artikel berkualitas lainnya. 

Demikian pembahasan mengenai Penggunaan Masker Wajah, Sisi Baik dan Dampak Buruknya kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam memahami lebih baik penggunaan masker wajah dalam memaksimalkan perawatan kulit wajah. 
Penggunaan Masker Wajah Sisi Baik dan Dampak Buruknya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: