Cara Mengelola Banyak Blog Paling Mudah

Saungmaman.com - Cara Mengelola Banyak Blog Paling Mudah

Sebagian besar blogger memiliki lebih dari satu blog. Alasannya bisa beragam, ada yang sekedar iseng, ada juga yang memang serius membangun sebuah "kerajaan" bisnis dengan memanfaatkan platform blog sebagai medianya.

Namun mengelola banyak blog bukanlah pekerjaan mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger yang ingin serius menekuni dunia blogging.

Baca juga: 6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Blogger Pemula

Pekerjaan menulis artikel blog membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik.


Berikut ini beberapa aspek penting yang perlu sobat ketahui dalam mengelola blog dengan jumlah banyak.

Konsistensi menulis
Yang perlu diperhatikan dalam mengelola blog dengan jumlah yang banyak adalah konsistensi dalam pembuatan artikel secara rutin. Karena blog dengan jumlah artikel yang sedikit akan sulit berkembang.

Hal ini sebenarnya cukup mudah, yang paling penting adalah sobat harus berkomitmen untuk melaksanakan "kewajiban" mengupdate setiap blog dengan sebaik-baiknya tanpa mengemukakan alasan yang bermacam -macam.

Membuat jadwal
Nah, setelah kita mengetahui pentingnya konsistensi dalam menulis, maka yang harus kita lakukan adalah membuat jadwal. Aturlah jadwal menulis untuk setiap blog dengan sebaik-baiknya.

Jadwal rutin mengupdate setiap blog harus disusun dengan rapi dan usahakan untuk selalu melaksanakan jadwal tersebut tepat waktu.

Lakukan promosi
Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah promosi. Usahakan setiap kali selesai memposting sebuah artikel, segerakan untuk memperlihatkan kepada dunia, apa yang baru saja kita tulis.

Bagaimana caranya? Banysk hal yang bisa kita lakukan, misalnya dengan blog walking, membagikannya ke sosial media, mensubmitnya ke berbagai forum atau situs berbagi lainnya.

Mengintegrasikan blog
Langkah strategis lainnya adalah mengintegrasikan seluruh blog sobat agar saling terhubung antara blog yang satu dengan lainnya. Dengan begitu kita akan memperoleh banyak keuntungan sekaligus karena blog yang kita hubungkan bisa saling melengkapi.

Bila sudah terbiasa melakukan hal-hal penting yang bertujuan untuk meningkatkan eksistensi blog dengan baik, maka tidak ada lagi alasan untuk mengalami kesulitan dalam mengelola blog, berapapun banyaknya blog yang sobat miliki.

Nah kiranya cukup sekian tips sederhana mengenai Cara Mengelola Banyak Blog Paling Mudah yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat.
Cara Mengelola Banyak Blog Paling Mudah

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: