60 Tahun Astra Mengabdi, Berkarya dan Menginspirasi

Saungmaman.com - 60 Tahun Astra Mengabdi, Berkarya dan Menginspirasi

Mengabdi demi bangsa, berkarya membangun sumber daya dan menginspirasi semangat anak negeri selama 60 tahun, tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun PT Astra International Tbk (Astra) telah menunjukan jatidirinya sebagai sebuah perusahaan yang mampu melaksanakan ketiganya secara berbarengan.

PT Astra International adalah sebuah perusahaan multinasional yang berdiri pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated. Kemudian pada tahun 1990, perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk. Perusahaan ini telah mencatatkan diri di Bursa Efek Jakarta pada tanggal 4 April 1990. Sampai saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki Jardine Matheson 50,1%.

Perseroan Astra berdomisili di Jakarta, Indonesia, dengan kantor pusat di JI. Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II, Jakarta. Fokus kegiatan utama Perseroan seperti yang tertuang dalam anggaran dasarnya (AD) adalah merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam perdagangan umum, perindustrian, pengangkutan, pertanian, jasa pertambangan, pembangunan dan jasa konsultasi. Sementara ruang lingkup kegiatan utama entitas anak perusahaan ini meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor dengan suku cadangnya, penjualan dan penyewaan berbagai alat-alat berat, pertambangan dan jasa terkait, pengembangan aneka perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan juga teknologi informasi.

Kesuksesan astra selama 6 dekade dalam membangun banyak sektor pembangunan, bukan hanya dari sisi perekonomian, melainkan juga mampu mendedikasikan dirinya dalam ruang lingkup yang jauh lebih menyentuh ke dalam pengembangan dari sisi kemanusiaan. Berbagai kontribusi baik berupa produk maupun layanan yang diberikan oleh Astra mampu menginspirasi, memberi peluang usaha, menggali potensi diri serta memenuhi segala segi kebutuhan konsumennya dengan sangat sempurna.

Astra
ASTRA International - Sumber: Astra.co.id

Astra kini sudah sangat berkembang, dengan menjalankan 6 bisnis utama yang didukung oleh 198 anak perusahaan serta 9 yayasan, senantiasa mengembangkan diri untuk berusaha melakukan pencapaian yang lebih maksimal dalam segala hal. Ini berarti dalam menjalankan bisnis, perusahaan tidak semata-mata menitikbertakan pada keuntungan materi semata melainkan lebih kepada pembangunan sisi kesejahteraan manusianya.

Kontribusi sosial ini jelas-jelas membuktikan bahwa Astra bukanlah perusahaan yang hanya mencari keuntungan semata, melainkan jauh lebih mulia dengan mengedepankan strategi bisnis yang sesuai dengan kerangka Strategic Triple-P Roadmap Astra 2020 yaitu menyeimbangkan pertumbuhan portofolio bisnis, sumber daya manusia, dan kontribusi social dan lingkungan secara serentak, menuju cita-cita Astra menjadi perusahaan nasional yang dikenal memiliki produk dan jasa yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar domestic, regional, global serta mampu memberikan kontribusi positif bagi banyak pihak.

Tanggung jawab sosial perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia dititikberatkan pada 4 pilar tanggung jawab sosial. Adapun pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) ini adalah;

1. Astra Untuk Indonesia Sehat (Bidang Kesehatan)
2. Astra Untuk Indonesia Cerdas (Bidang Pendidikan)
3. Astra Untuk Indonesia Hijau (Bidang Lingkungan) dan
4. Astra Untuk Indonesia Kreatif (UMKM).

Selama 60 tahun menginspirasi sudah sangat banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di seluruh Indonesia di bawah naungan keempat pilar tersebut antara lain:

Inspirasi 60 Tahun ASTRA
Inspirasi 60 Tahun ASTRA - Sumber: Astra.co.id

Di bidang kesehatan Astra menitikbertakan peningkatan kesehatan bagi ibu dan anak, serta upaya peningkatan gizi bagi masyarakat terutama mereka yang berada pada golongan ekonomi lemah.

Di bidang pendidikan Astra memfokuskan diri pada Pendidikanan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar dan Menengah, guna meningkatkan kualitas pendidikan pada ketiga jenjang tersebut.

Di bidang lingkungan hidup, Astra berfokus pada pengelolaan area konservasi dan perlindungan keanekaragaman Hayati terpadu yang berkelanjutan.

Sementara di bidang pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Astra memfokuskan diri untuk menumbuhkan usaha produktif di masyarakat dengan cara mendorong penciptaan lapangan kerja baru dan melatih kemandirian dalam masyarakat.

Program-program Astra jelas memberi kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan bangsa, bukan saja dari segi perekonomian, namun lebih jauh menyasar pada pembangunan sumber daya manusia, demi terciptanya keseimbangan yang setara antara pembangunan bidang ekonomi dan pengembangan sisi kemanusiaan menuju Indonesia lebih maju dan mampu bersaing dengan negar-negara lain yang lebih maju.

Demikian artikel Saung Maman mengenai 60 Tahun Astra Mengabdi, Berkarya dan Menginspirasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa benar-benar menginspirasi kita semua untuk berkarya lebih baik lagi.
Advertisement
60 Tahun Astra Mengabdi, Berkarya dan Menginspirasi

You Might Also Like: