Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula

Saungmaman.com - Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dilakukan oleh pemula yang ingin mencoba keberuntungan dengan menjadi pelaku bisnis dengan memanfaatkan media internet sebagai sarana menjual aneka produk barang maupun jasa. Dalam dunia online, siapapun bisa menjadi pebisnis asalkan memiliki kemauan yang keras untuk berusaha, mau belajar dan tidak mudah putus asa.

Lalu bisnis online yang bagaimanakah kira-kira yang bisa dilakukan oleh pemula?

Salah satu jenis bisnis online yang layak dilakukan oleh pemula adalah menjadi reseller atau menjual produk milik orang lain. Di bisnis ini, kita tidak memerlukan modal yang besar. Hanya dengan bermodalkan koneksi internet, punya banyak relasi atau kenalan dan menyukai tantangan, kita sudah bisa memulai bisnis jual beli melalui internet. Kalupun ada yang membayar biaya keanggotaan, biasanya nilainya cukup terjangkau, jadi siapapun Anda bisa menjadi pelaku di bisnis ini.

1. Sistem penjualan reseller

Sistem penjualan reseller adalah dengan cara menjual produk fisik atau digital seperti ebook atau yang lainnya, dengan harga yang sudah disesuaikan. Dengan  cara ini, setiap pelaku bisnis reseller akan mendapatkan keuntungan ketika terjadi penjualan. Besarnya nilai keuntungan bisa berbeda-beda di tiap perusahaan, tergantung kebijakan masing-masing.

Bisnis Online
Bisnis Online Pic. Pixabay
Salah satu kelebihan dibisnis reseller adalah kita sebagai member tidak perlu repot-repot melakukan pengepakan barang, melakukan proses pengiriman dan tidak harus menyetok barang. Tugas kita hanyalah melakukan promosi produk melalui media online, baik itu melalui grup chatting di media sosial, blog, email, maupun melalui forum.

Segala hal yang berhubungan dengan masalah pesanan mulai dari pengepakan, pengiriman maupun stok persediaan barang semua diatur oleh pemilik usaha. Jadi menjadi pebisnis reseller bisa dilakukan dengan mudah, bahkan oleh pemula sekalipun. Tugas utama yang perlu dilakukan adalah cukup menjalin komunikasi yang baik dengan calon pembeli sampai terjadi proses pembayaran.
Baca juga: Saung Maman Online Toko Online Sepatu Keren Dengan Harga Terjangkau
Lalu bagaimana proses penjualan dilakukan?

Dalam bisnis reseller, dibutuhkan kemampuan berinteraksi dengan calon konsumen yang berminat akan produk yang kita jual. Setelah calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang kita tawarkan, maka sesegera mungkin kita meminta kepada konsumen tersebut agar segera melakukan pembayaran dengan cara mentransfer sejumlah uang kepada kita sesuai kesepakatan.

Setelah dana masuk ke rekening kita, maka tugas kita selanjutnya adalah meneruskan pembayaran kepada perusahaan tempat kita bergabung (dengan selisih harga lebih murah tentunya) untuk dilanjutkan ke proses pengiriman barang. Uniknya, barang yang dikirimkan kepada konsumen oleh perusahaan tempat kita bergabung sebagai reseller, bertuliskan nama toko online milik kita sebagai pengirimnya.

Bila dalam melakukan pembayaran konsumen melakukannya dengan cepat, maka proses pengiriman barang juga bisa dilakukan secepatnya, sehingga barang yang dipesan bisa segera sampai ke tangan pembeli. Maka pada saat transaksi, penting untuk diperhatikan agar calon pembeli disarankan untuk menuliskan alamat dengan jelas, secara lengkap dan benar. Hal ini diperlukan agar proses pengiriman barang tidak mengalami kendala.

2. Menjadi agen bisnis kuota

Jenis bisnis online berikutnya yang layak dicoba oleh pemula adalah dengan cara bergabung menjadi agen bisnis kuota. Di era serba online seperti sekarang ini, setiap orang makin dimudahkan dalam melakukan segala hal dengan adanya aplikasi yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget atau smartphone. Bayangkan, hanya dengan menggunakan handphone, siapapun orangnya bisa melakukan kegiatan bayar-bayar semudah melakuan SMS.

Dengan menjadi agen bisnis kuota, setiap member yang bergabung akan mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan dalam melakukan pembelian atau pembayaran. Banyak sekali yang bisa dilakukan oleh sebuah aplikasi baik itu pembelian pulsa, kuota data, pembayaran telpon, token listrik, BPJS, PDAM, cicilan-cicilan dan lain-lain dengan harga yang lebih murah.

Selain berbagai kemudahan yang disebutkan diatas, di bisnis agen bisnis kuota juga berpotensi mendapatkan pasif income dari setiap aktivitas yang dilakukan. Bila dilakukan dengan serius, maka menjadi agen bisnis kuota bisa menjadi salah satu bisnis online yang patut diperhitungkan. Hanya dengan modal Rp.50.000-Rp.100.000 setiap member yang bergabung berpeluang mendapatkan transferan Rp.50.000-Rp.100.000 berkali-kali.

Bagaimana cara kerja bisnis agen kuota?

Di bisnis agen kuota, setiap peserta diperbolehkan merekrut member dengan cara masing-masing, selama masih dalam tahap yang wajar. Contoh, member A merekrut member baru dengan menetapkan biaya aktivasi sebesar Rp.100.000. Lain lagi dengan member B yang menetapkan biaya Rp.50.000 untuk setiap member baru yang mau bergabung. Kedua-duanya boleh dilakukan selama tidak melanggar kebijakan perusahaan.

Pendaftaran member baru di bisnis agen kuota hanya bisa dilakukan oleh upline atau orang yang mengajak, jadi tidak bisa mendaftar sendiri. Dengan demikian potensi sebagai peserta akan semakin besar mendapatkan profit. Semakin banyak ia merekrut member baru, maka semakin besar pula pemasukan yang akan diperoleh, karena biaya aktivasi langsung ditujukan kepada rekening peserta dan bukan kepada perusahaan. Cukup menarik bukan?

Nah, demikianlah artikel Saung Maman mengenai Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula kali ini, semoga ada manfaatnya.
Advertisement
Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula

You Might Also Like: