Amankan Data Akun Media Sosial Anda

Saung Maman - Amankan Data Akun Media Sosial Anda

Media sosial menjadi aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Biasanya, digunakan untuk berbagi informasi, sharing persoalan pribadi, ulasan kegiatan sehari-hari, dan juga membagikan lokasi. Semua itu tersimpan dalam bentuk data pribadi di data center perusahaan media sosial yang Anda gunakan.

Hingga kini, sudah banyak banyak kasus kebocoran atau pembobolan data pribadi di media sosial. Yang tidak kalah membahayakan adalah banyaknya motif kriminal berupa penipuan pada aplikasi perbankan.

Media Sosial
Image: pxhere

Nah, berikut ini saya share beberapa kiat untuk mengamankan data akun media sosial, semoga bermanfaat:

1. Buat Kata Sandi Unik

Pengguna dapat melindungi data pribadinya dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Keamanan kata sandi yang kuat tidak hanya terpaku dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf. Tetapi, mengingat kata sandi yang kompleks dan unik hampir tidak mungkin dibuat. Salah satunya karena sulit mengingat sandi tersebut.
Baca juga: Mesin AIS Cara Kemkominfo Tangkal Konten Negatif
Penting pula untuk menggunakan keamanan tambahan dengan cara autentikasi dua faktor. Lapisan keamanan ini mengharuskan pengguna memasukkan kode kedua bersama dengan nama pengguna dan kata sandinya. Kode ini biasanya dikirim ke nomor ponsel atau alamat email yang terdaftar dengan akun dan dapat dibuat di perangkat seluler.

2. Koneksikan VPN Saat Terhubung Wifi Publik

Pengguna yang terhubung ke hotspot Wi-Fi publik harus selalu menggunakan VPN. VPN menciptakan koneksi terenkripsi yang aman dan menyalurkan traffic ke server proxy. Sambungan terenkripsi dapat melindungi data pribadi, sehingga mencegah peretas mengakses atau bahkan mengubah komunikasi melalui Internet.

3. Hapus Riwayat Pelacakan GPS

Dalam hal pelacakan lokasi, smartphone menyertakan aplikasi pelacak lokasi (GPS) yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi pengguna. Biasanya, GPS memiliki riwayat lokasi. Jika ini diaktifkan, perangkat dapat memetakan tempat pengguna berada.

Nah, bila Anda tidak menghapus riwayat GPS, bisa jadi informasi dan pola Anda diketahui hacker. Misalnya, tempat apa yang sering dikunjungi, seberapa tahu Anda tentang lokasi yang dituju, dan sebagainya.

Advertisement
Amankan Data Akun Media Sosial Anda

You Might Also Like:

Buka Komentar