6 Jenis Penyakit Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan

Saungmaman.com - 6 Jenis Penyakit Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Saat musim hujan tubuh kita akan lebih mudah terserang berbagai penyakit. Ini bisa terjadi karena adanya perubahan suhu pada lingkungan yang ada di sekitar kita.

Ketika musim hujan tiba, berbagai jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak. Karena tubuh kita yang rentan terhadap serangan berbagai penyakit, maka alangkah baiknya bila kita mempersenjatai diri dengan menjaga kebugaran tubuh, agar segala jenis penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh kita.



Hujan
Image: Pixabay 

Daya tahan tubuh yang lemah atau kurang prima akan semakin membuat bakteri dan berbagai virus jahat lainnya berkembang biak dengan cepat sehingga menyebabkan gangguan penyakit.
Baca juga: Khasiat Pien Tze Huang sebagai Obat Ajaib untuk Berbagai Macam Penyakit
Tubuh kita harus siap siaga dan selalu waspada terhadap serangan penyakit yang datang ketika musim hujan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini saya share 6 jenis penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan.

1. Penyakit Diare
Penyakit ini biasanya ditandai dengan seringnya buang air besar yang meningkat dibandingkan dari biasanya. Penyebab utama penyakit diare adalah akibat dari si penderita yang kurang bisa menjaga makanannya. Karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit merupakan penyebab sakit diare.

Bakteri penyebab diare adalah e.coli, salmonella, shigella, dan cholera. Biasanya penyakit diare ini hanya berlangsung beberapa hari saja, namun bisa juga terjadi hingga berminggu-minggu.

2. Sakit flu atau influenza
Flu adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh inveksi virus influenza A, B, atau C. Infeksi ini biasanya menyerang saluran pernapasan dan menyebabkan gejala seperti demam, batuk, pilek, pusing, sakit kepala dan sakit pada tenggorokan.

Meskipun penyakit ini tidak terlalu berbahaya tapi ada baiknya untuk tetap waspada. Soalnyanya dalam beberapa kasus, influenza bisa juga menyebabkan komplikasi berbahaya seperti pneumonia.


3. Demam berdarah
Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang terdapat dalam nyamuk. Saat musim hujan perkembangbiakan nyamuk makin meningkat, baik perkembangan nyamuk demam berdarah maupun malaria.

Kedua jenis penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang jika kita tidak hati-hati bisa menyebabkan kematian.

4. Demam Tifoid atau Tipes
Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella typhi yang masuk ke saluran cerna melalui mulut, esophagus, lambung, usus kecil, dan usus besar. Penyakit ini menimbulkan demam yang sangat tinggi.

5. Leptospirosis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp yang menyebar melalui urine tikus. Penyakit ini akan menyebabkan kulit penderita menjadi berwarna kekuningan dan mukosa mengering.

Pada beberapa kasus penyakit ini disertai dengan diare atau konstipasi (sembelit). Penyebaran penyakit ini di musim hujan akan meningkat. Urine tikus menyebar lewat air dan masuk ke tubuh melalui kulit atau selaput lendir yang terbuka.


6. Penyakit kulit
Saat musim penghujan atau ketika terjadi banjir, aliran air kotor akan membawa banyak bakteri yang bisa menyerang kulit. Bakteri akan menyebabkan rasa gatal pada kulit. Selain bakteri gatal pada kulit juga bisa disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur kulit umumnya terjadi pada lipatan-lipatan tubuh yang kurang terjaga kebersihannya seperti di area selangkangan dan payudara.

Segera berikan obat yang tepat untuk mengatasi masalah kulit, namun sebelumnya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Biasakan diri mencuci tangan atau tubuh agar selalu bersih dan terhindar dari bakteri.


Demikian artikel Saung Maman bertema kesehatan kali ini, semoga bermanfaat. 
6 Jenis Penyakit Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: