Orang Tua Bijak Memahami Kondisi Anak

Saungmaman.com - Orang Tua Bijak Memahami Kondisi Anak

Anak-anak adalah buah hati bagi setiap orang tua. Sebuah keluarga rasanya belum lengkap tanpa kehadiran si buah hati. Maka tak heran bila setiap keluarga begitu mendambakan kehadiran seorang anak dalam mahligai rumah tangganya.

Namun ketika orang tua kurang memahami kondisi yang terjadi pada diri anaknya, maka yang terjadi adalah keadaan dimana sang anak mengalami kejadian yang cukup memilukan.

Simak penuturan seorang guru SD bernama Leni Nurliah yang juga merupakan sahabat baik saya sejak kecil, yang menceritakan pengalamannya mengenai kurangnya perhatian orang tua terhadap kondisi yang terjadi pada diri anaknya berikut ini:

"ini anak punya kekurangan penglihatan, dia ga pernah nulis kecuali duduk di depan aku seperti ini.. (Tertidur di bangku saat belajar). PR ga pernah di kerjakan, blm bisa baca dan segudang ketidak bisaan lainnya.. 
Aku udah panggil ortunya. 
Masih muda man..ayah ibunya masih muda. 
Aku udah minta kerjasama untuk bantu di rumah.. hasilnya ga ada perubahan.. Berdasarkan informasi dari tetangga nya.. orangtuanya galak dan kurang perhatian... terhenti aku menyuruhnya belajar saat di sekolah. Dan tetap membimbing nya menulis dan mengenal huruf di depanku.. penyakit nya saat aku berbicara atau menjelaskan sesuatu buat yg lain dia tertidur seperti itu.. Mungkin karena suaraku merdu kali..
Terakhir dia ngompol dan badannya panas... ternyata ortunya ga tahu ia sakit.."





Terhenyak saya membaca kisah memilukan ini. Bagaimana bisa sebagai orang tua sampai tidak mengetahui kondisi anaknya yang sedang sakit. Biar bagaimanapun, sesibuk-sibuknya orang tua, tidak sepantasnya mengabaikan perhatian terhadap anak sebagai buah hati yang harus dijaga dan dilindunginya. 
Baca juga: Memahami Karakter Anak yang Sulit Belajar
Sebagai orang tua yang baik, alangkah bijaknya bila memberikan perhatian lebih terhadap anak-anaknya. Sudah merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang tua untuk memberikan perhatian terbaik dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jangan sampai terjadi, penyesalan dibelakang hari ketika terjadi hal-hal yang merugikan terhadap si buah hati. 

Disini, peran seorang guru juga cukup menentukan dalam memberikan pemahaman terhadap para orang tua, tentang pentingnya memberikan perhatian pada anak. Terlebih bagi orang tua yang memiliki keterbatasan dalam bidang pendidikan, maka sudah selayaknya pemahaman semacam ini harus lebih ditingkatkan demi terciptanya hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak-anaknya. 

Demikian artikel Saung Maman mengenai Orang Tua Bijak Memahami Kondisi Anak kali ini, semoga bermanfaat. 
Advertisement
Orang Tua Bijak Memahami Kondisi Anak

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...