Tantangan Terbesar Blogger Pemula dan Cara Mengatasinya

Saungmaman.com - Tantangan Terbesar Blogger Pemula dan Cara Mengatasinya 

Menjalani profesi sebagai blogger ternyata tidaklah mudah, banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran.

Terlebih bagi blogger yang baru merintis karier dengan minimnya pengetahuan, tentu tantangannya jauh lebih besar.

Berikut ini beberapa tantangan yang biasa dihadapi oleh blogger pemula dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Minim pengalaman
Pengalaman dalam dunia blogging memiliki peranan yang cukup penting bagi mereka yang ingin menggeluti seluk-beluk blog dengan serius. Banyak hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk terjun langsung dengan dunia tulis-menulis via platform media online berbentuk website ini.


Hal yang paling mendasar adalah harus memiliki minat dan ketertarikan yang cukup terhadap dunia blogging, dengan diimbangi keterampilan menulis serta memiliki sense of art atau memiliki jiwa seni karena dunia blogging berkaitan dengan seni san keindahan.

Solusinya: Perdalam pengetahuan tentang dunia blog dengan rajin blogwalking,  aktif membaca tutorial blog, pelajari tentang teknik menulis yang baik, cara edit HTML serta mengasah kemampuan mendesain widget agar blog terlihat lebih menarik dan tampak profesional.

2. Mengatur waktu
Menjadi seorang blogger harus pandai mengatur waktu, karena pekerjaan menulis memerlukan waktu yang tidak sedikit. Alangkah baiknya bila ingin sukses sebagai blogger, harus memiliki jadwal yang rutin untuk aktivitas ngeblog. Banyak blogger pemula yang berhenti ditengah jalan, akibat kurang bisa mengatur waktu.

Solusinya:
Sedari awal harus berkomitmen untuk meluangkan waktu khusus untuk aktivitas blogging, misalnya, pagi hari sebelum berangkat kerja/sekolah, siang hari ditengah jam istirahat atau malam hari sebelum tidur. Pilih mana yang paling memungkinkan untuk menulis,  sesuai dengan waktu yang dimiliki.

3. Malas update
Malas mengupdate blog bisa jadi hambatan bagi blogger pemula yang tidak memiliki keinginan kuat untuk serius di dunia blogging. Karena ngeblog adalah sebagian besar aktivitasnya berupa kegiatan menulis, maka mereka yang tidak memiliki kepekaan akan hal-hal apa saja yang bisa ditulis, jangan berharap bisa menjadi seorang blogger yang baik.

Solusinya: Miliki kecakapan dalam menjadikan segala kejadian atau peristiwa yang terjadi menjadi sebuah tulisan. Tulislah apapun yang kita alami, sesederhana apapun itu.
Ulangi terus kegiatan seperti ini hingga menjadi sebuah kebiasaan. Dengan begitu, kemampuan menulis kita akan makin terasah dan berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

4. Tantangan dari keluarga
Keluarga (istri, suami atau anak) terkadang bisa menjadi halangan tersendiri bagi aktivitas ngeblog seseorang. Ketidaktahuan keluarga akan kegiatan yang dilakukan seorang blogger bisa menimbulkan konflik yang tidak bisa dihindari.

Solusinya: Berikan pengertian pada keluarga tentang kegiatan kita sebagai blogger, jelaskan secara gamblang bahwa apa yang kita lakukan ini adalah hal yang positif. Atur waktu supaya ada keseimbangan antara waktu ngeblog dan waktu untuk keluarga. Jangan terlalu asyik dengan kesibukan kita sehingga waktu untuk keluarga jadi terabaikan. Ini yang biasa terjadi, konflik yang seharusnya bisa kita hindari bila ada saling pengertian.

Demikianlah artikel Saungmaman mengenai Tantangan Terbesar Blogger Pemula dan Cara Mengatasinya , semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat.
Advertisement
Tantangan Terbesar Blogger Pemula dan Cara Mengatasinya

You Might Also Like: