Tips Menghindari Prasangka Buruk

Saungmaman.com - Tips Menghindari Prasangka Buruk

Suka berprasangka buruk terhadap orang lain adalah sebuah kebiasaan yang harus kita hindari, karena berpotensi merusak hubungan yang sebelumnya sudah terjalin cukup baik.

Prasangka buruk bukan hanya bisa merusak hubungan dengan orang-orang terdekat, tapi juga bisa merugikan diri sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari prasangka buruk?

1. Berpikir Positif

Agar kita bisa terhindar dari kebiasaan berprasangka buruk, yang pertama-tama harus kita miliki adalah kebiasaan berpikir positif (positif thinking).


Berpikir positif mencetuskan pikiran-pikiran baik secara berantai. Sebaliknya, selalu berpikiran negatif juga berdampak buruk pada cara kerja otak kita, karena berpotensi memunculkan pikiran-pikiran negatif yang lain secara berantai.

2. Menyaring Informasi

Setiap hari kita di suguhi begitu banyak informasi yang memenuhi ruang dalam pikiran kita, baik alam sadar maupun alam bawah sadar. Hal ini memungkinkan otak kita bekerja terlalu lelah dan kurang mampu bekerja dengan baik.

Untuk menghindari prasangka buruk, biasakanlah untuk selalu menyaring setiap informasi yang masuk sebelum kita menelannya mentah-mentah. Jangan biarkan semua informasi kita terima tanpa memfilternya terlebih dahulu.

3. Melakukan Cek & Ricek

Masih terkait dengan poin nomor 2, setiap informasi yang kita terima hendaknya kita cross-cek terlebih dahulu kebenarannya. Alangkah baiknya bila sebelum memutuskan menerima informasi, kita lakukan Cek & Ricek, pada setiap info yang kita terima kepada si pemberi info/sumber, agar informasi yang kita terima benar-benar informasi yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

4. Mengendalikan Emosi

Emosi yang tak terkendali seringkali memicu timbulnya prasangka buruk terhadap orang lain. Terlalu cepat mengambil kesimpulan, menyangka orang lain berlaku tidak sesuai keinginan, adalah beberapa contoh ketidakstabilan emosi yang sering memicu timbulnya prasangka buruk.

Kendalikan emosimu, jaga amarahmu, tetaplah tenang, niscaya engkau akan terhindar dari kebiasaan berburuk sangka terhadap orang lain.

Demikian artikel Saung Maman mengenai Tips Menghindari Prasangka Buruk yang bisa saya share kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Tips Menghindari Prasangka Buruk

You Might Also Like: