Pengertian Colocation Server dan Fungsinya

Saungmaman.com - Pengertian Colocation Server dan Fungsinya



Setiap perusahaan tentunya memiliki ribuan data penting yang perlu dijaga keamanannya. Bagaimana cara menjaganya agar data tidak hilang? Saat ini berbagai penyedia jasa data center seperti nexdatacentercom menyediakan jasa untuk membantu penyimpanan data Anda di tempat yang aman. Tempat untuk penyimpanan data itu sendiri adalah dengan menggunakan colocation server, yang berfungsi sebagai tempat meletakan server klien. Tempat server tersebut biasanya berada di sebuah ruangan pada data center Indonesia. Ruangan ini di rancang khusus dengan standard tertentu untuk bisa memiliki akses dengan jaringan stabil.
Colocation server harus berada di lokasi yang sangat strategis dan jauh dari gangguan bencana alam seperti kebakaran, longsor, banjir, dan lain sebagainya. Ruangan penyimpanan data ini harus memiliki spesifikasi yang mumpuni dan dilengkapi dengan berbagai pendukung seperti fire suppression system atau pencegah kebakaran, tenaga listrik cadangan atau genset, dan sistem pendingin. Semua pendukung tersebut memiliki peran penting dalam kelancaran akan pelayanan data center yang akan beroperasi tanpa henti dalam segala kondisi. Penyedia data center yang berkualitas akan memiliki ruang penyimpanan data yang sangat memadai dan dijaga oleh staff IT yang sudah professional. Dengan demikian semua data-data perusahaan dapat terjaga dengan aman.

Colocation Server

Keuntungan menggunakan colocation server bagi perusahaan adalah aktivitas operasional perusahaan dapat tetap stabil dan berjalan dengan lancar. Dengan menggunakan jasa penempatan server ini, suatu perusahaan dapat menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat server data center sendiri. Selain itu, hal ini sangat berpengaruh terhadap pengeluaran perusahaan karena dengan menggunakan data center colocation service Anda tidak perlu membangun ruangan server sendiri yang akan memakan biaya dan waktu sangat lama. Menempatkan server tentu tidak bisa sembarangan, dan harus dilakukan oleh staff IT yang handal dan berpengalaman untuk mengatur dan menjaga kestabilan lalu lintas bandwithnya. Tapi dengan menggunakan jasa penempatan server, perusahaan tidak perlu repot-repot memikirkan hal tersebut. Karena dari pihak penyedia jasa sendiri sudah memiliki staff IT profesional yang ditugaskan untuk mengontrol dan menjaga kestabilan jaringan server data center.

Di Indonesia anda bisa mencoba layanan collocation srever dari NEX datacenter dari PT CBN Nusantara. Dengan pengalaman bertahun-tahun sebagai Internet Service Provider terkemuka di tanah air. CBN optimis NEX dapat menjadi penyedial layanan data center dan collocation terbaik di Indonesia. Pusat data yang ada di central bisnis dan industry kreatif Rasuna Said mempermudah akses bagi perusahaan untuk  melakukan monitoring secara maksimal.
Advertisement
Pengertian Colocation Server dan Fungsinya

You Might Also Like: