Sinkronisasi Perkataan dan Tindakan

Saungmaman.com - Sinkronisasi Perkataan dan Tindakan

Sangat mudah bagi seseorang dalam mengucapkan kata-kata, baik kata-kata manis ataupun kata-kata bijak. Namun dalam prakteknya, sangat sulit untuk mengsinkronkan antara perkataan dan tindakan. Pada sebagian orang berkata-kata manis dan sejenisnya sudah terbiasa dilakukan dan memang sesuai dengan apa yang dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada sebagian lainnya ada ketimpangan yang cukup mendasar antara ucapan dan tindakan atau praktek di lapangan.

Namun membiasakan diri mengucapkan kata-kata manis yang positif sangat dianjurkan dalam ilmu psikologi, karena hal ini akan memacu pikiran kita menjadi lebih positif pula. Seringnya kita berkata tentang hal-hal yang baik dan positif, secara tidak langsung memacu alam bawah sadar kita untuk melakukan apa yang kita ucapkan tadi.

Salah satu hal yang sangat baik kita pelihara adalah mengucapkan kata-kata mutiara yang sangat berguna membangun sikap positif. Biasakan mengungkapkan sesuatu dengan penuh kesungguhan agar efeknya lebih terasa.
Baca juga: Kekuatan Berpikir Dan Berjiwa Besar

Kata-kata mutiara yang baik dalam kehidupan adalah serangkaian kalimat yang banyak mengandung makna yang dalam tentang arti kehidupan. Kata-kata mutiara kehidupan memberi kita inspirasi, motivasi, dan juga pelajaran brerharga. Tidak sedikit kata-kata mutiara kehidupan yang mampu mengajarkan tentang arti sebuah perjuangan setelah berkali-kali mengalami kegagalan.

Kata Mutiara
Image: Pixabay

Kata-kata mutiara kehidupan yang positif juga mampu memberi pandangan baru kepada kita tentang hal-hal yang tidak pernah terpikirkan dalam angan kita sebelumnya. Karena fungsinya yang begitu positif, kata-kata mutiara kehidupan ini telah banyak digunakan sebagai sebagai moto hidup oleh banyak orang, atau sebagai “mantra” ampuh untuk menghidupkan kembali semangat yang mulai kurang bergairah.

Kata-kata mutiara kehidupan ini banyak menghias buku-buku pengembangan diri, hingga buku-buku tulis. Untuk dapat selalu semangat menjalani hari, mari kita memulai setiap pagi dengan merenungi beberapa kata-kata mutiara kehidupan.

Berikut ini beberapa kata mutiara hidup yang sangat baik untuk kita pahami, semoga bisa membantu menyemangati jiwa-jiwa yang sedang mengalami kehampaan:

Hidup adalah siklus pasang surut, berkembang dan bertumbuh hingga akhirnya tiada. Maka isilah hidup sebaik yang kau bisa, sebermanfaat yang kau mampu, sebelum kehidupan itu pergi dan terlepas.

Tidak ada gunanya mengutuk hujan yang tak juga reda. Tapi kau selalu punya pilihan, berteduh di bawah pohon, mengembangkan payung, atau menari di bawah hujan.

Kegagalan adalah teman yang lebih baik daripada pujian. Kegagalan mengingatkanmu untuk lebih serius mencapai tujuan, sedang pujian terkadang membuatmu lalai bahwa kau masih butuh banyak perubahan.

Sebuah pedang tidak akan tajam dan kuat jika sebelumnya ia tidak dipukul, dibakar dalam nyala api, dan direndam dalam air dingin. Begitupun manusia. Kualitasnya bergantung pada tahap kehidupan yang sudah dia jalani.

Sabar itu mudah, kau tidak perlu melawan, hanya perlu tenang menguatkan hati. Emosi dan egolah yang membuat sabar menjadi sulit.

Tidak ada anak yang mampu berlari sebelum merasakan jatuh bangun saat belajar berdiri dan berjalan. Kita yang sudah dewasa seringkali lupa dengan filosofi ini. Sering-seringlah meniru sikap pantang menyerah anak-anak dalam mencapai keberhasilan.

Hidupmu adalah hidupmu. Namun hidupmu itu tumbuh di tengah hidup lingkunganmu. Hiduplah dengan caramu, selaraskan dengan hidup lingkunganmu, maka kau akan hidup damai.

Kekayaan yang paling berharga adalah kekayaan hati. Karena jika seseorang sudah memiliki kekayaan hati, dia akan terus merasa bahagia meski hidup seadanya.

Kehidupan adalah tentang keberanian. Keberanian menetapkan pilihan, keberanian menjalani pilihan, dan keberanian mengambil risiko atas pilihan.

Tidak perlu takut optimis, karena optimisme tidak akan merugikanmu sedikit pun bahkan saat kenyataan nantinya tak seperti harapanmu. Yang perlu kau takutkan justru pesimisme, karena ia akan terus menghalangimu bahkan untuk sesuatu yang mestinya kau menangkan.

Kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan. Semakin sering kau gagal, semakin dekat kau dengan keberhasilan.

Apa yang dimiliki orang lain mungkin tidak kau miliki. Tapi yang kau miliki mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Setiap kita punya keberuntungannya masing-masing, jadi syukurilah.

Teori dan kenyataan seringkali berbeda. Kau tidak akan pernah tahu apakah kau bisa atau tidak sebelum mencoba untuk mempraktekkannya.

Setiap orang berbuat kesalahan. Dan Tuhan selalu memberikan kita kesempatan untuk memperbaikinya.

Kau tidak sampai ke garis finish jika terus sibuk mengamati pelari lain saat berlari. Fokuslah dengan jalurmu dan garis finish yang ingin kau capai.

Kata-kata mutiara tidaka akan ada artinya bila hanya dibaca dan diucapkan. Maka dari itu kita perlu melakukan Sinkronisasi antara Perkatan dan Tindakan agar apa yang kita baca dan ucapkan bisa berpengaruh positif bagi kehidupan kita.

Nah, demikianlah artikel Saung Maman yang bisa saya share kali ini, semoga bisa menambah semangat dalam menjalani kehidupan agar menjadi lebih baik.

Sumber: fpedia.id


Advertisement
Sinkronisasi Perkataan dan Tindakan

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...