Twitter Minta Semua Penggunanya Untuk Mengganti Password

SaungMaman - Twitter Minta Semua Penggunanya Untuk Mengganti Password

Twitter, pada Jumat (4/5) mendadak meminta seluruh penggunanya, yang mencapai 330 juta orang, untuk mengganti password. Penyebabnya, ada bug yang membuat sistem penyimpanan secret key penggguna itu malfungsi.

Bila Anda pengguna Twitter, baik yang masih aktif berkicau maupun tidak, ada baiknya jika segera mengikuti permintaan mengganti password. Hal ini demi keamanan akun milik Anda sendiri.


Cara untuk mengganti password Twitter tidak sulit. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Twitter di cell phone Android atau iOS, lalu sentuh foto akun di bagian kiri atas. Masuk ke menu "Setting and Privacy"

2. Berikutnya, masuk ke menu "Account", lalu pilih menu "Password"

3. Anda akan diminta untuk memasukkan pastword lama yang sudah dgunakan, lalu masukkan password baru di dua kolom di bawahnya.

4. Setelah memastikan dan mencatat secret word baru, sentuh pilihan "Change password", maka password Twitter sudah berganti dan akun Anda jadi lebih aman.

5. Bila menggunakan web Twitter, maka Anda bisa klik foto profil Anda di bagian kanan atas. Kemudian pilih "Setting and Privacy " dan lanjutkan ke kolom "Pasword" untuk memasukkan password lama dan menggantinya denfan yang baru.

Twitter tiba-tiba mengimbau seluruh penggunanya yang berjumlah 330 juta, untuk mengganti password. Sebab, sistem penyimpanan secret key di Twitter sempat tak berfungsi sebagaimana mestinya, lantaran sebuah bug.

"Kami belakangan menemukan bahwa ada bug (celah keamanan) yang menyebabkan password disimpan tanpa disamarkan," ujar CTO Twitter Parag Agrawal.
Baca juga: Jasa Like dan Follower Praktis Blog Putra
Menurut Agrawal, Twitter menggunakan hashing bcryp yang menjadi standar industri untuk menyamarkan password, di mana karakter-karakter kata diganti dengan angka dan huruf acak di sistem Twitter.

Karena ada bug, password tadi malah ditulis di log inside dalam bentuk teks utuh apa adanya (plain teks), yang gampang dibaca sebelum komposisi hashing selesai.

Twitter Minta Semua Penggunanya Untuk Mengganti Password

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: