5 Cara Jitu Aktif Menulis Walau Sibuk Dengan Pekerjaan Utama

Saungmaman.com - 5 Cara Jitu Aktif Menulis Walau Sibuk Dengan Pekerjaan Utama

Menekuni kegiatan menulis di blog memang bukan pekerjaan mudah, selain butuh konsentrasi dalam menuangkan setiap ide dan gagasan, juga butuh konsistensi agar aktivitas menulis bisa terus berlanjut dan tidak berhenti di tengah jalan.

Banyak hal yang bisa membuat seorang blogger tidak bisa melanjutkan aktivitas bloggingnya, salah satunya adalah kesibukan di tempat pekerjaan yang sangat menyita waktu. Ini hampir dialami oleh semua blogger yang notabene adalah menggeluti profesi sebagai blogger sebagai pekerjaan sampingan/part time.


Seringkali karena adanya kesibukan pekerjaan utama, niat untuk mengupdate blog malah terabaikan. Untungnya ada tips atau cara agar bisa tetap produktif menulis, sekalipun kesibukan di pekerjaan utama sangat menyita waktu.
Baca: Ketika Ide Menulis Mengalami Kebuntuan, Apa yang Harus Dilakukan?
Nah berikut ini mari kita bahas satu persatu ke 5 cara agar bisa tetap aktif menulis walau sibuk dengan pekerjaan utama.

1. Fokus pada Tujuan

Coba ingat-ingat apa tujuan awal punya blog, ini akan membantu kita untuk tetap berusaha meluangkan waktu buat menulis. Misalnya saja sobat punya tujuan ngeblog itu untuk mengabadikan kenangan dan menebar manfaat. Sayang banget rasanya kalau ada kenangan berarti trus kita lewatkan begitu saja, karena pasti bakalan mudah lupa kalau nggak segera diabadikan. Selain itu dengan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan opini tentu akan ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca. Anggap saja itu sebagian dari amal.
Baca: Ada yang Tahu Arti Kata Hocus Focus Trulala?
Dengan mengingat tujuan awal ngeblog, kita akan tetap berusaha menyisihkan waktu untuk menulis. Lain halnya kalau nggak punya tujuan, biasanya akan ada aja excuse untuk menunda-nunda waktu sampai akhirnya malas untuk menulis.

2. Mencatat Setiap Ide yang Muncul 

Seringkali ide itu datangnya spontan disaat yang nggak kita duga. Bisa saja saat kita lagi di jalan, saat ngobrol sama teman atau pas lagi pup di toilet sekalipun. Baiknya Segera catat ide itu di notes atau hp sebelum akhirnya lupa.
Baca juga: Tahukah Sobat, Bahwa Menulis Itu Punya Banyak Manfaat?
Dengan begitu ketika ada waktu untuk menulis kita nggak bingung lagi mau nulis apa, jadi bisa lebih menghemat waktu.

3. Meluangkan Waktu Khusus

Misalnya sobat yang kerjanya dari Senin-Sabtu, maka malam minggunya bisa digunakan untuk menulis, sampai begadang juga nggak apa karena besoknya 'kan libur. Kenapa nggak siang? karena biasanya Minggu saatnya refreshing sama keluarga.

4. Menulis Beberapa Postingan Sekaligus (Postingan Berjadwal)

Kalau sudah menyisihkan waktu khusus, ada baiknya langsung menulis beberapa artikel sekaligus. Untuk postingnya bisa dijadwalkan jeda dua hari atau seminggu. Jadi meskipun sibuk berat, blog kita tetap bisa update.

Jangan lupa juga untuk menentukan komitmen jumlah postingan dalam 1 bulan. misalnya empat postingan sebulan atau seminggu satu kali post. Kalau minggu ini tidak sempat menulis, maka minggu depan harus bisa membuat dua postingan.

5. Menulis Disela-sela Kesibukan

Kalau sulit meluangkan waktu khusus, kita bisa juga menulis disela-sela kesibukan. Misalnya saat lagi nunggu kendaraan, nunggu chat dibalas, pokoknya waktu nunggu yang biasanya cuma dibawa bengong atau ngescroll instagram yang kurang bermanfaat, mending dipakai buat menulis, tentu ini jauh lebih baik bukan?

Demikian artikel Saung Maman dengan topik 5 Cara Jitu Aktif Menulis Walau Sibuk Dengan Pekerjaan Utama  yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
5 Cara Jitu Aktif Menulis Walau Sibuk Dengan Pekerjaan Utama

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...