Jas Pria Salah Satu Pakaian Formal Kaum Adam

Saungmaman.com - Jas Pria Salah Satu Pakaian Formal Kaum Adam


Keperluan akan sandang bagi manusia jelas jelas makin hari makin berkembang. Perubahan itu ditandai dengan adanya sebagian pergantian desain pakaian yang dikenakan manusia. Pada esensinya pakaian cuma diperuntukkan sebagai pelindung badan manusia dari panas serta dingin, namun seiring perkembangan jaman, tidak bisa dipungkiri jikalau berpakaian sudah pasti ada unsur fashion serta sentuhan artistik/seni yang memberikan nilai tambah bagi sebuah pakaian dari sekedar penutup anggota tubuh.

Maka tidaklah mengherankan jika dalam berpakaian manusia senantiasa menyesuaikan trend sesuai tuntutan jaman. Salah satunya ialah jas pria yang kita ketahui merupakan suatupakaian formal yang diperuntukkan buat kaum adam.

Jas memang banyak di gunakan oleh kaum pria baik eksekutif muda maupun para pekerja kantor. Namun seiring dengan berkembanya tren fashion, jas saat ini di modifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat lebih casual tapi tetap elegan. Jas saat ini banyak di gunakan oleh pria dalam menunjang penampilannya di berbagai acara baik formal maupun non formal, acara akad nikah, acara wisuda, acara kantor maupun untuk menunjang kebutuhan fashion sehari-hari.


Jas sendiri merupakan pakaian resmi (formal) yang bermodel Eropa, berlengan panjang serta pemakaiannya di luar kemeja. Dalam penggunaan jas itu paling pas bila dipadupadankan dengan celana panjang yang terbuat dari bahan yang setara. Model jas ini dibedakan dari hitungan kancing yang terdapat dalam jas tersebut. Ada jas dengan baris kancing satu baris (single breasted) dan ada juga jas dengan kancing dua baris (double breasted). Penggunaan jas diperuntukkan buat kaum pria, maka tidaklah heran bila orang sering menyebut jas dengan sebutan jas pria.

Setelah sekian lama jas menjadi salah satu pakaian yang paling mendasar bagi kaum laki-laki di Eropa, maka saat ini jas telah merambah ke beragam belahan dunia mana saja. Setelah melewati perkembangan dari masa ke masa jas pun menjadi salah satu trend fashion yang sangat bervariatif dengan berbagai inovasi dari para perancang busana dalam membuat model jas.

Terlepas dari baju setelan, jas merupakan salah satu jenis pakaian yang harus ada di lemari pakaian setiap pria. Hal ini dikarenakan jas pria bisa merupakan sebuah "penguat" bagi seorang laki-laki agar bisa tampil lebih percaya diri.

Untuk mendapatkan kesan yang formal dan casual, maka jas harus dipadukan dengan pakaian yang mendukung kesan tersebut. Ada banyak pilihan model jas pria yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, disini kejelian seseorang dalam memadukan antara setelan jas, kemeja dan celana mutlak diperlukan agar bisa mendapatkan penampilan yang sempurna.


Layaknya seluruh jenis pakaian, jas pada zaman dahulu cuma dijahit oleh penjahit didasarkan pesanan. Ketika ingin membuat jas, orang datang ke tukang jahit buat diukur, memilih bahan, serta memilih model. Ketika Revolusi Industri terjadi, jas diproduksi secara massal dalam beragam ukuran serta dijual sebagai pakaian jadi.

Lazimnya jas pria saat ini dijual dalam tiga bentuk:

1. Jas dibuat atas sesuai pesanan, sebelum bahan dipotong, penjahit mengukur, menentukan pola dan membentuknya sedemikian rupa supaya pas di badan.

2. Jas rujukan dengan ukuran yang dimodifikasi sesuai ukuran tubuh pemesan didasarkan pada pola serta pilihan jenis kain yang ada.

3. Jas siap pakai yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan jas dengan cara memesan kepada penjahit sesuai permintaan.

Demikianlah sekilas informasi mengenai Jas Pria Salah Satu Pakaian Formal Kaum Adam yang bisa saya bagikan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber gambar: Mataharimall
Advertisement
Jas Pria Salah Satu Pakaian Formal Kaum Adam

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...