Serunya Ikut Kampanye Hidden Quiz Yamaha GP Challenge di Instagram

Saungmaman.com - Berawal dari sebuah obrolan/chatting di sebuah aplikasi WhatsApp dengan seorang sahabat baik saya sebut saja namanya Anggun 😄 atau yang lebih terkenal dengan sebutan 'Perempuan April', saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga berkenaan dengan sebuah aktivitas para pemburu job di internet melalui platform media sosial Instagram (IG).

Terus terang, di Instagram saya termasuk 'newbie' atau pendatang baru dan belum tahu banyak mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan media sosial berbagi foto tersebut.

Saya memang memiliki follower berjumlah 1000 lebih, itupun berkat adanya giveaway yang saya menangkan di sebuah blog yang juga teman baik saya, mas Putra, dengan nama blognya 'blogputra'. Disana saya berhasil menjadi salah seorang penerima hadiah sejumlah follower Instagram secara gratis.

Walapun memiliki jumlah pengikut yang lumayan banyak, namun saya masih belum mengerti cara memanfaatkan akun IG secara maksimal, apalagi untuk bisnis.

Membuka akun IG pun saya lakukan sangat jarang sekali. Sempat menjadikannya sebagai sarana berjualan sepatu 👟 online, namun tidak berlangsung lama, ya itu tadi, karena kurangnya pengetahuan saya tentang bagaimana cara menggunakan Instagram dengan baik dan benar.

Kembali ke soal tawaran dari teman saya, awalnya mbak Anggun menawari saya sebuah tantangan untuk bergabung di sebuah grup WhatsApp untuk mengkampanyekan sebuah program kuiz di sebuah media massa online 'Detik' yang bertajuk Hidden Quiz Yamaha GP Challenge. 


Sebagai seorang blogger yang suka tantangan dan menyukai hal-hal baru, saya langsung menyanggupi tawaran tersebut walaupun pada awalnya saya sempat ragu-ragu akan kemampuan diri saya, mengingat pengetahuan saya dalam bidang ini sangat minim sekali.

Namun berkat semangat dan motivasi yang terus diberikan oleh mbak Anggun terhadap saya, akhirnya sayapun menyanggupi untuk menerima tugas ini dengan baik, walau disana-sini masih terdapat banyak kekurangan.

Memposting gambar/banner untuk feed dan story di IG bagi sebagian besar orang tentu merupakan pekerjaan mudah, tapi bagi pendatang baru seperti saya tentu bukanlah hal yang gampang.

Saya bahkan harus mengulang beberapa kali saat memposting banner untuk story, dikarenakan ada beberapa kesalahan pada penulisan hastag dan format gambar.

Kampanye ini sendiri cukup menarik, mengingat acara Hidden Quiz Yamaha GP Challenge yang diselenggarakan media detik ini menyediakan hadiah 🎁 yang cukup banyak.


Yang namanya pendatang baru, tentu saja saya sempat kaget ketika mengetahui bahwa pekerjaan ini membutuhkan kecepatan dalam menjalankan tugas/misi yang diberikan oleh pemberi job dan dibatasi oleh waktu/deadline.

Tugas peserta adalah membuat feed serta story di akun Instagram masing-masing dengan ketentuan serta aturan yang diberikan dalam bentuk brief oleh klien melalui ketua grup.


Bagi mereka yang memiliki waktu luang yang cukup, ini mungkin tidak jadi masalah. Tapi buat saya yang bekerja di sebuah foto studio dengan intensitas kesibukan cukup tinggi, tentu mengalami kesulitan dalam hal membagi waktu.

Saya sempat syok juga ketika membaca brief yang diberikan, untuk memposting sebuah banner promo dari advertiser, sementara situasi di lingkungan tempat saya bekerja sedang sangat ramai-ramainya.

Tapi disitulah justru tantangannya. Sebisa mungkin saya berupaya mengerjakan tugas-tugas dengan semaksimal mungkin walaupun kesibukan di tempat kerja sangat membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.

Saya merasa cukup senang 😄 dengan 'pekerjaan' baru ini. Ketika berhasil menjalankan tugas disela-sela kesibukan rutinitas pekerjaan yang cukup menyita waktu, ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Akhirnya, jadilah sekarang saya sebagai seorang blogger yang memiliki 'area jajahan baru' dalam berburu job di internet, yang sebelumnya hanya berkutat di seputar Google Adsense, Cryptocurrency, Content Placement, Sponsored Post, Job Review dll yang mengandalkan blog sebagai medianya.

Semoga pengalaman baru ini bisa menjadi ladang perburuan baru dalam memanfaatkan teknologi internet untuk mencari 🔍 tambahan penghasilan.

Buat teman-teman yang berprofesi sama seperti saya, pesan saya mari kita tingkatkan wawasan serta ilmu pengetahuan kita tentang berbagai peluang bisnis yang ada internet, terutama yang menggunakan platform media sosial.

Jangan gunakan internet hanya untuk hal-hal negatif atau kurang bermanfaat, tapi gunakanlah internet dengan bijak, syukur-syukur bila semua media sosial yang kita miliki, mampu memberikan benefit yang positif yang akan menambah tebal isi kantong kita.

Nah kiranya cukup sekian cerita pendek saya mengenai Serunya Ikut Kampanye Hidden Quiz Yamaha GP Challenge di Instagram, semoga pengalaman ini bisa menjadi pelajaran berharga buat kita semua.
Serunya Ikut Kampanye Hidden Quiz Yamaha GP Challenge di Instagram

You Might Also Like: