Hashpower Bitcoin Meningkat Berlipat Ganda Sejak Bulan Mei Meski Terkoreksi 70%

Saung Maman - Hashpower Bitcoin Meningkat Berlipat Ganda Sejak Mei Meskipun Koreksi 70%

Fundstrat, perusahaan investasi berbasis Wall Street yang dipimpin oleh Tom Lee, melaporkan bahwa hashpower Bitcoin telah meningkat berlipat ganda sejak Mei.

“Meskipun BTC di pasar global, hashpowernya meningkat dua kali lipat sejak Mei menjadi 57 EH / dtk - Bahkan dengan peningkatan ke peralatan yang ada, namun menyiratkan hampir 1GW konsumsi daya baru vs 5.2GW di bulan Mei '18. Breakeven sekarang $ 7300 ($ 5300 tunai BE) vs $ 6000 di bulan Mei, ”kata Sam Doctor di Fundstrat.

Peningkatan Eksponensial dalam Kegiatan Penambangan

Sejak Februari, valuasi pasar cryptocurrency telah turun lebih dari 80 persen. Namun, aktivitas penambangan di sektor cryptocurrency terus meningkat pada tingkat eksponensial.


Kesulitan penambangan Bitcoin, yang mengukur seberapa sulitnya menemukan hash di bawah target yang diberikan, perubahan berdasarkan hashrate dari cryptocurrency yang dominan. Jika kurang orang yang menambang Bitcoin, maka kesulitan penambangan Bitcoin menurun. Tapi, ketika lebih banyak orang menambangnya dan hashrate dari jaringan meningkat, kesulitan penambangan Bitcoin meningkat.
Baca juga: Segala Sesuatu yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Cryptocurrency (Saat ini)
Ketika kesulitan meningkat, lebih sulit untuk menemukan blok, yang mengarah pada penurunan pendapatan bagi penambang. Imbalan blok Bitcoin berubah setiap empat tahun sekali dan dengan demikian, perbedaan pendapatan dari penambangan BTC sering disebabkan oleh volatilitas dalam kesulitan penambangan Bitcoin.

Jika pendapatan tetap sama selama empat tahun namun kesulitannya meningkat, lebih sedikit BTC yang akan dihasilkan untuk menutupi biaya penambangan. Itu berarti, jika harga BTC menurun juga, maka pendapatan penambang berkurang lebih jauh.

Oleh karena itu, ketika harga BTC jatuh, yang mengarah pada penurunan pendapatan penambangan, adalah normal untuk mengharapkan hashrate Bitcoin jatuh juga.

Namun, selama lima bulan terakhir, hashrate Bitcoin mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat, meskipun sempat terjadi penurunan 70 persen dalam jangka waktu delapan bulan. Itu berarti, penambang masih mau memperluas sumber daya mereka dan menambang Bitcoin dengan margin keuntungan yang lebih rendah di pasaran.

Awal bulan ini, BitMEX Research mengungkapkan bahwa Bitmain, perusahaan pertambangan terbesar di sektor cryptocurrency, telah mempertahankan margin keuntungannya pada tingkat rendah untuk memperkuat dominasinya atas pasar.

Sebuah makalah penelitian mengungkapkan:

“Harga yang rendah ini cenderung menjadi strategi yang disengaja oleh Bitmain, untuk menekan persaingan mereka dengan menyebabkan mereka mengalami penjualan yang lebih rendah dan adanya kesulitan keuangan. Dalam pandangan kami, di sinilah letak kunci untuk salah satu kekuatan pendorong utama di balik keputusan untuk IPO. IPO yang sukses dapat meningkatkan daya tembak yang tersedia untuk melanjutkan strategi ini dan menghilangkan saingan keuntungan dengan melakukan IPO mereka terlebih dahulu"

Indikator Positif

Peningkatan kesulitan dan hashrate Bitcoin selalu merupakan indikator positif, karena ini berarti bahwa jaringan blockchain Bitcoin lebih kuat, lebih besar, dan tahan terhadap serangan. Lebih dari itu, hal ini juga menunjukkan kesediaan para penambang untuk melanjutkan operasi penambangan mereka meskipun ada penurunan laba yang jelas dari penurunan harga BTC.

This article by Joseph Young was originally published at ccn.com
Advertisement
Hashpower Bitcoin Meningkat Berlipat Ganda Sejak Bulan Mei Meski Terkoreksi 70%

You Might Also Like:

Buka Komentar