Hati-hati Minum Es Teh Manis, Jangan Berlebihan

Saung Maman - Hati-hati Minum Es Teh Manis, Jangan Berlebihan

Es teh manis semua kita tahu, menjadi minuman yang umum diminum orang Indonesia apalagi dalam kondisi cuaca panas. Kesegarannya begitu menggugah selera, terlebih bila di minum sehabis berolah raga atau selesai mengerjakan pekerjaan yang menguras keringat.

Memiliki iklim berjenis tropis, Indonesia memang akrab dengan minuman bernama es teh. Minuman yang menyegarkan dikala cuaca panas itu bisa ditemui dengan mudah di rumah makan hingga warung-warung pinggir jalan. Dari mulai anak kecil hingga orang dewasa, semua menyukai rasa manis dan segarnya yang tiada duanya.

Namun, perlu diketahui, kita perlu hati-hati meminum es teh, jangan berlebihan seperti lebih dari 3 gelas sehari bisa mengancam kesehatan dan menimbulkan beberapa jenis penyakit berbahaya.

Bahaya Teh Manis

Berikut 4 penyakit yang bisa ditimbulkan jika minum es teh berlebihan.

1. Diabetes
Es teh ternyata bisa memicu penyakit diabetes. Hal tersebut bisa terjadi jika seseorang memasukkan banyak gula, terlebih menggunakan pemanis buatan.Terlalu banyak mengkonsumsi gula berpotensi memicu diabetes, untuk itu jaga takaran gula saat mengkonsumsi es teh.

2. Batu Ginjal
Tahun lalu, sebuah laman berita internasional melaporkan tentang seorang pria yang mengalami gagal ginjal karena terlalu banyak minum es teh. Hal ini jadi pelajaran berharga buat kita agar tidak meminum es teh manis secara berlebihan.
Baca juga: 4 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Kesehatan
3. Obesitas
Kelebihan lemak tubuh atau obesitas juga bisa ditimbulkan jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak es teh manis apalagi produk es teh instant yang mengandung pemanis buatan yang tidak dianjurkan buat kesehatan.

4. Stroke
Teh manis cenderung meningkatkan asupan gula di dalam tubuh, yang mengakibatkan kadar trigliserida menjadi tinggi. Dan inilah yang meningkatkan risiko stroke pada manusia.

Jadi bagi sobat-sobat para pecinta es teh, tolong hindari meminum minuman dingin semacam es teh manis ini, dan awasi takaran gulanya, agar sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan.
Advertisement
Hati-hati Minum Es Teh Manis, Jangan Berlebihan

You Might Also Like:

Buka Komentar