Penting! Cara Setting Komentar Disqus Agar Tidak Mengganggu Kerjasama Sponsored Post

Saung Maman - Penting! Cara Setting Komentar Disqus Agar Tidak Mengganggu Kerjasama Sponsored Post

Mengelola sebuah blog yang bertujuan untuk mendapatkan income atau pemasukan ternyata tidak mudah. Banyak hal yang harus dipelajari dan perlu diperhatikan agar keberadaan blog kita bisa terus diperhitungkan dan mendapat tawaran kerjasama baik berupa kerjasama Content Placement, Sponsored Post, iklan mandiri atau bentuk kerjasama lainnya.

Masalah redirect link

Belum lama ini admin menerima sebuah email dari salah seorang klien/rekanan yang biasa bekerjasama dengan blog ini, yang memberikan teguran atas adanya sebuah masalah soal redirect link. Menurut beliau, soal link  balik yang tidak mengarah ke link yang seharusnya ini, akan berdampak kurang baik dilihat dari sisi SEO baik bagi si pemilik blog maupun bagi klien yang mengajukan kerjasama Content Placement atau Sponsored Post.
Baca: Kerjasama Content Placement - Kerjasama Saling Menguntungkan
Beliau menuturkan bahwa menurut investigasi yang dilakukannya, penyebab  masalah ini adalah akibat dari adanya plug in komentar Disqus yang terpasang di blog. Hal ini terjadi karena adanya setingan di platform disqus yang memungkinkan sebuah link dialihkan (redirect) ke situs lain.

Permintaan menghapus komentar disqus

Klien saya dalam hal ini pihak advertiser merasa dirugikan dengan adanya ketidaknyamanan ini, dan merekomendasikan untuk menghapus atau mengganti komentar disqus dengan yang lainnya.

Saya sebagai pengguna setia komentar disqus sejak 2 tahun silam, yang sudah merasa cocok dan puas dengan kinerja komentar disqus ini, tentu saja tidak bisa serta merta mengikuti kemauan klien. Karena bila langsung menghapusnya, tentu akan berdampak kurang baik bagi blog ini karena akan kehilangan begitu banyak komentar yang selama ini menggunakan disqus untuk berinteraksi dengan blog ini.

Begitu juga dengan para pembaca maupun sesama teman blogger, pasti secara tidak langsung akan merasakan dampaknya bila kolom komentar disqus yang menyematkan link blog mereka disini benar-benar dihapus.

Solusi yang diambil

Solusi yang saya ambil kemudian adalah dengan langsung menanyakan masalah ini ke pakarnya, yang mengetahui banyak soal disqus ini yaitu senior saya Kang Adhy Suryadi pemilik blog KompiAjaib dan langsung mendapat jawabannya.

Menurut Kang Adhy, caranya ternyata sangat mudah, yaitu cukup dengan melakuakan sedikit settingan pada profil akun disqus.

Adapun cara yang harus dilakukan selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Di kolom komentar disqus silahkan masuk ke dashboard home, lalu buka menu setting.

2. Kemudian klik community, gulir ke bawah, lalu klik advanced (lihat gambar)

Disqus setting/Image: Disqus/KompiAjaib
3. Kemudian langkah terakhir hilangkan tanda ceklis pada tulisan "Automatically append merchant codes to product links on your sites"

Hilangkan tanda ceklis/Image: Disqus
4. Simpan pengaturan.

Dengan melakukan setingan ini maka redirect link ke situs pihak ketiga yang tidak diharapkan dijamin tidak akan terjadi lagi.

Demikian pengalaman yang bisa saya bagikan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat, khususnya buat teman-teman pengguna kolom komentar disqus.

Bila ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah, sebisa mungkin admin akan menjawab sesuai kemampuan yang ada.





Advertisement
Penting! Cara Setting Komentar Disqus Agar Tidak Mengganggu Kerjasama Sponsored Post

You Might Also Like:

Buka Komentar