Apa Itu Backlink dan Seberapa Penting Keberadaannya bagi Sebuah Blog?

Saung Maman - Apa Itu Backlink dan Seberapa Penting Keberadaannya bagi Sebuah Blog?

Apa itu Backlink?

Mungkin bagi sebagian besar pemilik blog masih belum memahami sepenuhnya apa arti dari kata "backlink". Walaupun sering mendengar dan membaca ulasannya di banyak blog, namun tidak semuanya paham akan arti kata tersebut.


Sebelum membahas lebih jauh soal backlink, ada baiknya kita pahami dulu arti beberapa kata terkait dengan istilah" Link" berikut ini:

Menurut Wikipedia, Pranala balik, atau juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah tautan yang masuk ke sebuah blog/situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (baik itu halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari web lain.

Dengan demikian, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa backlink artinya, sebuah tautan apapun yang diterima oleh sebuah halaman web dari web/situs lainnya di dalam jaringan internet.

Seberapa pentingkah keberadaan backlink bagi sebuah blog?

Bila pertanyaan ini ditujukan kepada mereka yang dalam aktivitas bloggingnya hanya sekedar iseng saja, tentu mereka akan menganggap hal ini tidak penting. Namun sebaliknya bila pertanyaan ini ditujukan kepada mereka yang bertujuan untuk memonetisasi blognya, pasti mereka akan menjawab sangat penting.

Perbedaan cara pandang ini sebenarnya merupakan hal yang wajar, karena setiap individu punya cara yang berbeda-beda dalam menyikapi suatu keadaan. Namun pada dasarnya suatu pengetahuan akan bermanfaat bila seseorang mengetahui kalau sesuatu itu memang bermanfaat atau tidak, dan berniat memanfaatkannya atau tidak.

Kembali ke soal backlink, lalu apa sebenarnya guna backlink? 

Ada teman yang bertanya, apa sih gunanya backlink? Kenapa begitu banyak orang yang memburunya? Backlink sebenarnya punya nilai yang cukup strategis bagi perkembangan sebuah situs web, karena bisa untuk meningkatkan peringkat website, jika blog yang dipasang backlink tersebut adalah blog yang berkualitas, yang memiliki Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tinggi, terindeks di halaman pertama Google dan memiliki angka yang ramping di Alexa Rank

Ada yang bilang kalau "Content is The King", namun ada juga yang mengatakan bahwa "Backlink is the King". Kenyataannya bahwa jika sebuah website/blog di dalam artikelnya tidak ada backlink maka sama saja tidak ada manfaatnya. Lain halnya jika artikel ada link out ke website lain, tentu lebih bermanfaat buat ranking di Google dan bisa menjadi pengalaman yang menarik buat pembaca blog tsb.

Dalam hal ini blog dengan reputasi yang baik terutama di mesin pencari sekelas Google, tentu banyak di buru oleh mereka yang memahami pentingnya menanam backlink di blog tersebut.

Tanam Backlink di SaungMaman



SaungMaman.Com, adalah salah satu dari sekian banyak blog dengan reputasi yang boleh dibilang "cukup baik" dan banyak di buru oleh para pemilik situs web ternama, untuk lebih meningkatkan peringkat web mereka di mesin pencarian. 
Baca: SaungMaman, Situs yang Tepat untuk Mempromosikan Brand Perusahaan Anda
Dengan dibukanya kerja sama tanam backlink di SaungMaman, para pemilik website yang akan menaikkan peringkat websitenya di Google, bisa dengan mudah menentukan kata kunci/keyword apa yang hendak di bidik, maka SaungMaman sesegera mungkin akan menayangkan link para klien tersebut. Mereka percaya kalau blog SaungMaman adalah salah satu blog dengan reputasi yang baik dengan kriteria blog aktif.

Perlu juga Anda ketahui, makin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke blog Anda, maka secara otomatis, blog Anda akan lebih tinggi posisinya daripada blog lain yang backlinknya hanya sedikit. Namun juga jangan khawatir, walaupun jumlah backlink hanya sedikit, tetapi didapat dari blog yang berkualitas, maka tenaga untuk naiknya bisa lebih kuat daripada backlink dari blog yang rendah kualitasnya.

Sekarang siapapun bisa jadi pakar SEO, hanya dengan menanam backlink di blog populer dan berkualitas. Tanam terus backlink dengan keyword yang tetap, maka perlahan namun pasti, peringkat blog/website Anda akan meningkat secara signifikan. 
Advertisement
Apa Itu Backlink dan Seberapa Penting Keberadaannya bagi Sebuah Blog?

You Might Also Like:

Buka Komentar