Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Mengenai Peralatan Rumah Tangga Unik

Saung Maman - Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Mengenai Peralatan Rumah Tangga Unik

Memiliki rumah sendiri dengan segala kelengkapannya merupakan idaman semua orang. Ada yang mengisinya dengan barang-barang keperluan sehari-hari, barang-barang antik, benda-benda kesayangan, ada juga yang hobi mengoleksi peralatan rumah tangga unik.

Peralatan Rumah Tangga Unik
Peralatan Rumah Tangga Unik/Image: PxHere

Bagi sebagian besar orang, rumah merupakan sebuah tempat yang berfungi sebagai tempat tinggal dan tempat beristirahat. Mereka berusaha semaksimal mungkin membuatnya agar terasa nyaman. Namun bagi sebagian yang lain rumah boleh jadi merupakan wahana tempat menunjukan jati diri dengan mengisi setiap sudut ruangan dengan berbagai peralatan yang bisa mengekspresikan kepribadiannya.

Apapun itu, sah-sah saja sih, selama dalam penataan barang-barang tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kapasitas ruangan yang tersedia. Jangan sampai terjadi penumpukan di sana-sini yang mengakibatkan kurangnya kesan indah yang menjadi tujuan utama dalam menata ruangan dalam rumah.
Baca juga: Menerapkan Prinsip Less is More Pada Rumah Minimalis
Mengingat peralatan rumah tangga merupakan benda yang seringkali digunakan dalam keperluan rumah tangga, maka perlu diperhatikan beberapa hal dalam masalah penyimpanannya. Ada beberapa peralatan yang biasanya sering digunakan dalam aktivitas rumah tangga, namun ada juga sebagian yang fungsinya hanya sebagai hiasan/pajangan saja.

Khusus untuk peralatan rumah tangga yang jarang dipakai, atau yang fungsinya hanya sebagai pajangan, biasanya luput dari perhatian dan hanya dirawat saat awal mula saja. Padahal sebaiknya dilakukan pemeliharaan dan perawatan secara rutin agar kondisinya tetap berada dalam kondisi yang baik.

Menata ruangan dalam rumah bukanlah pekerjaan mudah, terlebih dengan rumah yang berukuran besar dengan banyak barang-barang didalamnya. Ada beberapa benda/peralatan yang membutuhkan sedikit sentuhan seni supaya kesan yang terlihat mampu memberikan inspirasi dan kesana positif bagi yang melihatnya. Bayangkan seandainya benda yang kita pajang sudah terlihat baik menurut penilaian kita namun ternyata tampak buruk di mata orang lain, tentu kita akan merasa malu dibuatnya.

Rumah yang baik bukan hanya rumah yang nyaman bagi penghuninya, namun juga harus mampu memberikan suasana akrab dan betah bagi para pengunjung yang datang bertamu.

Kesan rapi namun tidak mengurangi fungsi utamanya sebagai peralatan rumah tangga adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan. Tentu ini tidak mudah, butuh sedikit usaha untuk mendapatkan esensinya. Namun kamu tak perlu berputus asa, dengan sedikit usaha hal sesulit apapun percayalah akan bisa dengan mudah kamu lakukan.

Nah, untuk bisa melakukan semua itu berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu aplikasikan dalam menata barang-barang kesayangan kamu agar terlihat oke namun tetap sesuai dengan fungsinya:

  • Pilih dan pilah barang dan simpanlah sesuai kriteria dalam satu tempat. Misalnya barang-barang elektronik, seperti televisi, alat-alat musik, kipas angin dan lain-lain. Atau peralatan yang terbuat dari bahan keramik, gelas-gelas kaca, porselen dan lain-lain usahakan berada di satu lokasi.
  • Susunlah peralatan dengan rapi, hindari penumpukan barang yang akan menimbulkan kesana kumuh dan mengurangi nilai estetika. 
  • Simpan barang-barang yang jarang di gunakan di satu tempat tersendiri namun mudah dicari bila suatu saat diperlukan. Untuk barang pecah belah, ada baiknya disimpan dalam tempat yang aman dengan menggunakan pelindung tambahan agar lebih aman. 
  • Lakukan perawatan rutin terhadap benda-benda yang membutuhkan perhatian khusus. Bersihkan debu-debu yang menempel dan bila perlu mencucinya dengan air bersih secara berkala.
Nah, demikianlah artikel Saung Maman bertajuk Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Mengenai Peralatan Rumah Tangga Unik kali ini. Bila kamu rajin melakukan hal-hal sederhana tersebut, maka kondisi barang-barang kesayanganmu akan tetap terjaga dan selalu tampak seperti baru. 

Terimakasih sudah berkenan membaca postingan ini, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. 
Advertisement
Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Mengenai Peralatan Rumah Tangga Unik

You Might Also Like:

Buka Komentar