Menerapkan Prinsip Less is More Pada Rumah Minimalis

Saungmaman.com - Menerapkan Prinsip Less is More Pada Rumah Minimalis 

Less is more adalah tema yang seringkali digunakan untuk desain interior rumah minimalis. Namun, ide ini tidak jarang dikaitkan oleh banyak orang jika less is more adalah tentang membuat desain dengan sedikit biaya. Tapi ternyata, teori less is more bukan semata-mata tentang menghabiskan sedikit uang saja melainkan Anda harus menciptakan desain yang lebih baik lewat kesederhanaan. Ada seni yang nyata untuk membuat ruangan yang tidak memiliki kesan berlebihan, sehingga akan memancarkan kehangatan dan keindahan. Interior desain rumah minimalis bagaikan memberikan ruang bernapas untuk objek atau perabotan dan juga membiarkan objek tersebut lebih diapresiasi. Berikut ini adalah prinsip desain minimalis untuk rumah Anda.

                                   
Rumah minimalis
Gambar shutterstock

1. Pilihlah material dengan kualitas yang tinggi
Salah satu cara ini sangat ampuh untuk menciptakan illusi visual yang memancarkan kesederhanaan. Dengan memilih material dengan kualitas tinggi, perabotan atau hiasan di rumah Anda akan menjadi pusat perhatian. Dengan begitu tidak perlu lagi banyak menaruh barang-barang yang tidak penting untuk menciptakan sesuatu yang spektakuler di dalam ruangan. Contoh material mencolok yang bisa Anda gunakan yaitu, material metal, kayu, dan batu atau marmer.

2. Letakan barang yang memiliki kesan stand-out
Tidak sulit menemukan barang yang akan membuat mata Anda tertuju padanya. Anda hanya perlu memiliki barang dengan bentuk yang aneh dan berbeda untuk perabotan Anda. Yang dimaksud dengan barang yang aneh adalah barang yang memiliki nilai seni yang tinggi. Namun, Anda perlu memikirkan kembali apakah banrang bernilai seni itu bersifat fungsional. Misalnya, Anda membeli meja dengan bentuk zigzag untuk diletakkan di samping sofa Anda dan lampu yang memiliki bentuk yang unik. Selain itu, Anda juga bisa memilih warna yang kontras dengan keseluruhan warna ruangan Anda. Dengan begitu, barang tersebut akan memiliki kesan yang menonjol

Rumah minimalis
Gambar shutterstock
                                     
3. Pilihlah objek atau perabotan yang memiliki desain yang simpel dan bersih
Prinsip less is more tidak selalu tentang objek tunggal. Hal ini bisa berarti Anda bisa memiliki kursi yang banyak untuk ruang makan Anda. Yang perlu Anda lakukan untuk membnagkitkan kesan minimalis untuk ruang makan Anda adalah dengan memilih meja dengan material yang alami seperti kayu jati. Ruang makan Anda akan menjadi cantik.

4. Berikan ruang yang luas untuk perabotan Anda
Memberikan ruang gerak yang luas pada suatu ruangan berarti Anda juga memberikan ruang bernapas untuk barang Anda. Dengan penempatan ini, ruangan Anda akan menimbulkan kesan kesederhanaan. Anda bisa meletakkan kursi-kursi ruang tamu Anda berjauhan dengan satu sama lain. Selain itu, Anda juga bisa menaruh standing lamp dengan letak yang agak jauh dari tempat tidur Anda.

5. Tambahkan Aksen pada dinding atau lantai Anda
Menambahkan aksen adalah cara yang ampuh untuk memberikan kesan yang menonjol namun tetap sederhana. Pada dinding, lantai, atau langit-langit ruangan Anda. Berilah aksen yang alami seperti aksen kayu, batu marmer, dan porcelain.

Demikian prinsip less is more dengan cara penempatan dan pemilihan material ataupun perabotan untuk desain interior ruangan Anda. Anda bisa menerapkannya agar tingkat keberhasilan untuk menciptakan hunian yang minimalis tinggi. Untuk referensi interior desain ruangan kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang makan, dan lain-lain, kunjungi sejasa.com untuk menemukan inspirasi yang bisa Anda tiru!
Advertisement
Menerapkan Prinsip Less is More Pada Rumah Minimalis

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...