Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Kalender Cuti Bersama 2019

Saung Maman - Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Kalender Cuti Bersama 2019

Pengertian Cuti Bersama adalah hari libur tambahan di sela-sela hari libur umum di Indonesia. Hal ini diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia sebagai sarana untuk meningkatkan kunjungan wisata dalam negeri dan meningkatkan efisiensi bagi pegawai negeri. Hari libur cuti bersama biasanya dihitung beberapa hari menjelang dan setelah hari libur utama.

Cuti bersama pada beberapa perusahaan swasta dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan terkait. Di masa libur hari besar keagamaan semisal Hari Raya Idul Fitri, perayaan Natal, dan lain-lain, liburan cuti bersama-dapat menjangkau hingga satu minggu hari kerja secara keseluruhan.

Kalender 2019/Image: Pixabay

Berikut ini adalah daftar Kalender Cuti Bersama 2019 yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Tahun Baru 2019 (29 - 31 Desember dan 1 Januari)

Hari  libur Tahun Baru menjadi Hari Libur Publik pertama di tahun 2019. Seperti biasanya, libur tahun baru dirayakan setiap tanggal 1 Januari, dan liburan kali ini jatuh pada hari Selasa. Untuk benar-benar memanfaatkan liburan ini, disarankan untuk mengambil hari libur tambahan pada hari Senin, 31 Desember. Dengan cara ini, maka kamu akan mendapatkan Libur Tahun Baru 4 hari dan 3 malam. Mulai pada hari Sabtu, 29 Desember, dan selesai pada hari Selasa, 1 Januari.

2. Tahun Baru Cina (Imlek) (2 - 5 Februari)

Perayaan Tahun Baru Cina juga dirayakan di Indonesia. Hal ini terutama diperingati oleh mereka yang tinggal di kawasan Chinatown. Ada banyak pertunjukan menarik di sini selama hari perayaan, seperti atraksi barongsai dan pesta kembang api. Pada tahun 2019, Hari Libur Tahun Baru China jatuh pada hari Selasa, 5 Februari. Jadi, orang diharapkan mengambil hari libur mulai hari Senin, 4 Februari.
Baca juga: Sejarah Singkat Tahun Baru Imlek
3. Hari Hening atau Hari Raya Nyepi (7 - 10 Maret)

Nyepi atau Hari Keheningan dirayakan sesuai dengan Tahun Baru Saka Kalender Hindu. Untuk tahun 2019, Hari Keheningan dirayakan pada hari Kamis, 7 Maret. Meskipun ini adalah Hari Libur Nasional, selama Hari Keheningan umat Hindu dilarang bepergian. Namun, bagi mereka yang bukan dari agama ini, Anda bebas memanfaatkan hari ini untuk akhir pekan yang panjang. Jangan mengunjungi Bali selama periode ini, karena sebagian besar tempat wisata akan ditutup.

4. Hari Pemilihan Umum (17 April)

Pemilihan Umum di Indonesia ditetapkan tanggal 17 April 2019. Ini merupakan hari libur nasional tambahan untuk orang yang tinggal dan bekerja di Indonesia. Ditetapkan pada hari Rabu, dua hari sebelum Libur Jumat Agung. Jadi, jika kamu mengambil hari libur tambahan pada hari Kamis, maka akan dapat liburan yang lebih lama.

5. Jumat Agung (17-21 April)

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, hari pemilihan dan Libur Jumat Agung akan jatuh pada minggu yang sama. Jumat Agung akan jatuh pada hari Jumat, 17 April. Ini berarti kamu dapat memiliki liburan panjang, dimulai pada hari pemilihan dan berlanjut hingga akhir pekan. Dari 17 - 21 April, Rabu hingga Minggu. Pastikan untuk merencanakan liburan sebelumnya jika kamu tidak ingin kehabisan waktu liburan untuk liburan panjang ini.

6. Kenaikan Yesus Kristus (30 - 31 Mei)

Bagi orang Kristen, Hari Kenaikan Yesus adalah momen sakral dalam setahun. Pada 2019, Kenaikan Yesus Kristus akan jatuh pada hari Kamis, 30 Mei. Jika kamu berkenan, ambil libur Jumat ini dan bisa merencanakan 'pulang kampung' untuk menikmati akhir pekan yang panjang.

7. Ulang Tahun Pancasila (1 - 4 Juni)

Berita baik bagi kamu yang berniat untuk kembali ke kampung halaman (mudik) untuk tahun 2019. 1 Juni adalah hari libur nasional, merayakan hari dimana Pancasila pertama kali didirikan. Ini tepatnya akan datang sebagai hari libur tambahan yang bisa dinikmati. Kamu dapat menikmati liburan panjang dari 30 Mei - 4 Juni. Berita baiknya adalah kamu tidak perlu mengambil cuti tambahan, karena hari libur Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada 3, 4, dan 7 Juni. Kamu dapat menghabiskan liburan panjang ini bersama keluarga, atau liburan sesuai yang kamu impikan.

8. Idul Fitri (5 - 9 Juni)

Idul Fitri 2019 diperkirakan akan jatuh pada 5 dan 6 Juni. Jadi, libur Idul Fitri kemungkinan besar akan dimulai pada 3 Juni dan berlanjut hingga 8 Juni. 9 Juni adalah hari Minggu, dan dengan Hari Kenaikan Yesus tepat sebelum hari Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, kita dapat mengharapkan Libur Lebaran ekstra panjang selama 11 hari.

Cuti bersama bisa dimanfaatkan untuk merefresh pikiran agar kembali bugar setelah melaksanakan begitu banyak rutinitas pekerjaan yang sangat melelahkan. Namun jangan lupa, untuk senantiasa bersikap bijak dalam memanfaatkannya. Seperti kita ketahui bersama, seringkali setelah menikmati liburan yang cukup panjang lalu kemudian terlena dan saat waktunya kembali masuk kerja, lantas dilanda rasa malas dan akhirnya bolos bekerja. Jangan sampai hal ini terjadi pada diri kamu ya, karena hal ini dampaknya akan sangat buruk bagi nama baik kamu dimata pimpinan.

Adapun informasi mengenai cuti bersama ini dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung keputusan pemerintah. Namun setidaknya, dengan adanya daftar ini dapat menjadi perkiraan kasar bagi kamu untuk membantu merencanakan liburan. Dengan cara ini, kamu dapat menyiapkan dan menganggarkan liburan dengan sebaik-baiknya.

Nah, itulah beberapa rangkuman singkat terkait informasi mengenai Kalender Cuti Bersama 2019 yang bisa saya bagikan kali ini. Untuk informasi hari libur nasional lainnya kamu bisa menemukannya di laman Detik.com.
Advertisement
Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Kalender Cuti Bersama 2019

You Might Also Like:

Buka Komentar