Cara Membuat Anak Rajin Membaca Melalui Komik

Saung Maman - Cara Membuat Anak Rajin Membaca Melalui Komik

Komik seringkali dipandang sebelah mata dibanding novel, apalagi dibandingkan buku pelajaran.

Sebelum kita berusaha membuat anak senang membaca pahami dulu karakter anak. Pahami juga bahwa manusia, terutama anak-anak menyenangi hal-hal yang bersifat visual ia akan lebih tertarik kepada gambar daripada teks.

Perhatikan saja anak anda ataupun anak lainnya, mereka lebih suka membaca komik di banding novel, apalagi buku pelajaran sekolah.
Baca juga: Memahami Karakter Anak Yang Sulit Belajar 
Jangan khawatir biarkan ia menyukai komik, ini merupakan cara awal untuk anak agar menyukai membaca, jika sudah suka maka ia akan siap membaca buku selanjutnya yang lebih serius.

Ada beberapa dampak positif saat anak gemar membaca komik, diantaranya:
  1. Membaca komik akan membuat anak anda gemar membaca buku lainnya juga, ini terjadi setelah dia merasa nyaman dan menyukai membaca.
  2. Membaca Komik akan membuat imajinasi anak berkembang dengan baik. Dengan melihat gambar dan sedikit teks pada setiap halaman akan membuat anak berimajinasi tentang cerita selanjutnya ataupun gambar yang akan ditampilkan.
  3. Dengan membaca komik, anak akan memperkaya kosakata sehingga kemampuan bacanya menjadi lebih baik. Dengan sering membaca komik anak akan bertanya kepada orang tuanya jika ada kata-kata yang tidak ia mengerti maksudnya, jadi usahakan dampingi anak saat dia membaca sebuah komik.
  4. Membaca komik pada beberapa anak akan merangsang anak untuk menjadi penulis dengan membuat versi komiknya masing-masing. Apalagi jika naskahnya diterima penerbit dan diterbitkan secara besar-besaran.
  5. Membaca komik juga akan mendorong anak belajar menggambar sehingga motorik halusnya terasah. Anak masih suka meniru-niru, sehingga ia akan berusaha membuat komik juga saat suka membaca komik.
Jadi biarkan saja anak gemar membaca komik karena pada akhirnya dia akan beralih ke bacaan yang lebih berat setelah umurnya bertambah dewasa. Saat proses membaca komik itulah maka hal-hal positif diatas secara tidak sadar sedang dipelajari.

Salah satu penerbut yang mengkhususkan menerbitkan buku anak-anak ialah Muffin Graphics yang telah hampir sepuluh tahun berkarya memajukan buku cerita dan komik anak di Indonesia.
Advertisement
Cara Membuat Anak Rajin Membaca Melalui Komik

You Might Also Like:

Buka Komentar