Cara Mengobati Sariawan Alami yang Bisa Anda Coba Sendiri di Rumah

SaungMaman - Cara Mengobati Sariawan Alami Yang Bisa Anda Coba Sendiri Di Rumah
Perlu anda ketahui bahwa penyebab pasti munculnya sariawan hingga sekarang ini belum diketahui. Namun, sariawan  di bibir, lidah, atai di sekitar mulut bagian dalam lebih beresiko muncul yang diakibatkan oleh stres, terkena infeksi virus atau jamur, kekurangan vitamin dan mineral, atau alergi terhadap suatu makanan tertentu. Selain itu, siklus menstruasi, perubahan hormon, sistem kekebalan tubuh bermasalah, dinding mulut atau lidah tergigit, serta luka di mulut juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya sariawan.


Sariawan - Foto: Pixabay

Sariawan ini biasanya bisa bertahan hingga beberapa minggu dan bahkan bisa meninggalkan bekas luka di sekitar mulut. Dalam hal ini, sariawan akan hilang dan sembuh dengan sendirinya sekitar 10-14 hari. Namun, jika anda ingin menyembuhkan sariawan dengan cepat, anda bisa mengobatinya secara alami, seperti berikut ini :
- Cara mengobati sariawan alami yang pertama, adalah berkumur dengan menggunakan larutan garam maupun dengan larutan baking soda (1 sendok taeh baking soda dan ½ cangkir air hangat).
- Perbanyak meminum air putih.
- Letakkan bongkahan kecil es batu pada area sariawan hingga meleleh.
- Cara berikutnya oleskan sedikit magnesium hidroksida cair pada area sariawan beberapa kali sehari. Magnesium hidrosikda terdapat pada obat maag cair.
- Perbanyak mengonsumsi makanan sayuran, dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C, vitamin B, folat, dan zat besi. Bila mau, anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin tersebut. Karena vitamin C dan vitamin B kompleks bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.
- Selain dengan cara-cara diatas, anda juga bisa melakukan hal-hal berikut supaya sariawan anda tidak semakin parah, diantaranya : 
- Rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi supaya sariawan tidak terinfeksi bakteri.
- Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam karena bisa menyebabkan iritasi dan nyeri lebih parah. 
- Sikat gigi anda secara perlahan-lahan, dan gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas deterjen.
- Konsumsi makanan lunak yang mudaj ditelan, dipotong-potong kecil, digiling, maupun dihaluskan.
- Hindari makanan asin, cokelat, kopi, kacang-kacangan, keripik kentang ataupun biskuit yang bisa melukai sariawan, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, dan makanan serta minuman yang terlalu manis, terlalu dingin, dan terlalu panas.
- Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
- Jangan pernah menyentuh sariawan dengan menggunakan tangan karena bisa mengganngu proses penyembuhan dan bisa menyebabkan infeksi menyebar.
- Jika mulut anda terasa sakit , maka gunakan sedotan jika ingin minum.
- Berhenti merokok sekarang juga.
Jika sudah berbagai cara diatas dilakukan namun sariawan belum sembuh juga, maka sebaiknya anda segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut serta pengobatan yang tepat. Apalagi jika sariawan tersebut terus berulang, semakin membesar, serta menyebar dan berlangsung selama 3 minggu atau bahkan lebih, dan terasa sangat sakit sekali, walaupun sudah mengkonsumsi obat anti nyeri sekalipun.  Selain itu, konsultasikan juga ke dokter apabila anda merasa kesulitan untuk minum atau menderita demam tinggi saat sariawan.
Memang sekarang ini banyak sekali jenis obat sariawan alami yang bisa anda gunakan, akan tetapi ada pepatah yang mengatakan mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi, sebelum anda terkena sariawan, maka jagalah kesehatan mulut anda dengan selalu rajin menyikat gigi 2 kali sehari, supaya sariawan tidak muncul lagi.

Cara Mengobati Sariawan Alami yang Bisa Anda Coba Sendiri di Rumah

You Might Also Like: