Tips Mencegah Luka Operasi di Perut dari Robekan

Saung Maman - Tips Mencegah Luka Operasi di Perut dari Robekan

Luka operasi memerlukan perhatian yang lebih besar pasalnya luka dari operasi memiliki ukuran yang lebar dan juga lebih dalam ketimbang luka pada umumnya. Untuk memastikan bahwa luka operasi tetap aman tentu dengan menggunakan perban yang juga telah diberikan salep obat luka operasi. Selain itu, pasien juga sangat dilarang bergerak berlebihan untuk menghindari jahitan luka operasi dari robekan.

Tips Mencegah Luka Operasi di Perut dari Robekan | Image: Pixabay
 
Panduan Penting Menjaga Luka Bekas Operasi dari Robekan

Bagian perut menjadi bagian yang sangat penting untuk menghindari terjadinya robekan dari jahitan operasi. pasalnya, bagian perut memiliki tekanan yang dinamis dan berubah-ubah, misalnya tekanan akibat bersin, kontraksi BAB, batuk dan banyak lainnya. Oleh sebab itu berikut ini telah dirangkum beberapa cara penting menjaga jahitan di perut agar tidak robek.

1. Usahakan agar tidak mengalami sembelit

Meski hal ini tentu sulit untuk benar-benar dihindari 100%, namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindarinya. Anda bisa mengkonsumsi banyak makanan alami kaya akan serat seperti sayur maupun buah-buahan. Namun pastikan bahwa makanan tersebut memang aman Anda konsumsi sebelumnya ke dokter.

2. Gunakan Bantal untuk Meredam Tekanan

Keinginan untuk bersin, batuk ataupun muntah dapat menyebabkan tekanan yang sangat besar di area perut. Oleh sebab itu sebaiknya Anda menggunakan bantal untuk menekan area perut Anda secara lembut saat ingin batuk, bersin maupun muntah.
 
3. Hindari Aktivitas yang Bersinggungan Langsung dengan Jahitan

Jahitan luka operasi mungkin saja akan menimbulkan rasa gatal yang sangat ingin Anda garuk. Usahakan untuk menghindari keinginan menggaruk karena dapat menyebabkan benang jahit terlepas saat tak sengaja bersinggungan dengan tangan.

4. Pilih Olahraga

Pilihlah olahraga yang tidak menimbulkan tekanan berat pada area jahitan. Selain itu pastikan Anda rutin mengkonsumsi obat luka dari dokter.

Website www.goapotik.com merupakan tempat terpercaya yang menyediakan kebutuhan obat Anda. Berbagai obat tersedia di tempat ini secara lengkap dengan diskon yang menarik. Informasi kesehatan juga bisa diperoleh lewat website www.guesehat.com yang telah diperiksa oleh tenaga medis dan dokter terpercaya. Artikel penyembuhan luka diabetes juga bisa Anda baca dari mulai tips agar luka penderita diabetes mengering dan sembuh.

Advertisement
Tips Mencegah Luka Operasi di Perut dari Robekan

You Might Also Like: