Pengalaman Pertama Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Saung Maman - Pengalaman Pertama Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Kali ini admin mau sedikit berbagi pengalaman mengenai sebuah aplikasi video konferensi bernama Zoom Cloud Meeting yang akhir-akhir ini marak di gunakan warganet. Aplikasi ini banyak digunakan berkenaan dampak adanya wabah pandemi virus corona, yang mengharuskan para pekerja bisa tetap bekerja tanpa harus datang ke kantor atau cukup dengan kerja di rumah/Work From Home (WFH). 

Mengikuti Upacara Virtual Peringatan HUT RI Ke 75

Awalnya saya tertarik mencoba menggunakan aplikasi ini bermula dari informasi yang saya dapat dari internet mengenai ajakan mengikuti upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara yang ke 75 secara virtual. 

Merasa tertarik dan karena rasa penasaran, seperti apa sih upacara secara virtual itu, sayapun kemudian browsing mencari informasi tentang bagaimana tata-cara mengikuti acara tersebut. Saya pikir sayang sekali rasanya kalau acara yang cukup "sakral" ini bila dilewatkan. 

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, sayapun langsung mendaftarkan diri menjadi peserta. Ternyata kuota untuk mengikuti acara Pengibaran Bendera Merah Putih diistana pada pagi hari sudah penuh. Namun saya tetap bersyukur karena masih bisa diikutsertakan pada acara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore harinya. 

Langkah selanjutnya adalah mencari info mengenai cara mengikuti acara Upacara Virtual via aplikasi video conference. Setelah browsing di internet, akhirnya saya menemukan dan mengikuti arahan yang saya dapatkan yang salah satunya adalah kita harus mempunyai sebuah aplikasi yang namanya Zoom Cloud Meeting tadi. 

Aplikasi versi android ini ukurannya cukup kecil hanya sekitar 21 MB saja, sehingga bisa di install di HP android dengan ukuran memory terbatas, asalkan masih ada cukup ruang untuk menginstalnya. Bagi yang menggunakan laptop atau PC tentu bisa leluasa mengunduhnya dengan versi yang jauh lebih baik. 

Untuk bisa menggunakan Aplikasi ini syaratnya simpel saja. Kita hanya mendaftarkan diri menggunakan alamat email, mengisi data diri serta nomor handphone. Setelah mendaftar nantinya akan mendapatkan nomor identitas (Personal Meeting ID). 

Cara menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting

Untuk menggunakan aplikasinya ternyata cukup mudah. Langkah pertama yang harus kita lakukan tentu saja melakukan pengaturan terlebih dahulu pada aplikasinya, agar saat digunakan nanti kita bisa melakukan video call, video conference atau chating dengan nyaman. 

Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini saya sempat mengalami kendala di audionya yang tidak bisa keluar. Setelah saya cari tahu penyebabnya ternyata ada pada pengaturan awal yang tidak mengeset pengaturan audio ke otomatis tersambung saat melakukan video meeting.

Untuk itu, sebelum melakukan video conference harap di pastikan bahwa setingan audionya sudah dalam posisi "on" atau tidak "mute".

Untuk pengaturan ini silahkan klik " Meeting" seperti tampak pada gambar dibawah ini:

Muncul jendela baru, lalu klik Auto-Connect to Audio pada menu hingga muncul tulisan Call over Internet seperti tampak pada gambar berikut ini:

Untuk melakukan panggilan videonya kita cukup login ke aplikasinya kemudian mulai melakukan acara dengan mengaktifkan menu "Meeting" lalu mengajak/invite teman dengan menggunakan link yang kita bagikan bisa lewat email, aplikasi perpesanan, kontak telepon atau yang lainnya. 

Adapun mengenai pengalaman pertama Menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting pada acara Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara kemarin, cukup mengesankan. Ini pengalaman yang sangat istimewa ditengah adanya wabah pandemi corona yang belum juga berakhir, kita dituntut untuk lebih menguasai teknologi supaya bisa terus berkreasi walaupun dalam keadaan serba terbatas. Dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting kita bisa berinteraksi dengan banyak teman, sahabat atau saudara bahkan siapapun secara leluasa dan tanpa ada batas jarak dan waktu. 

Teknologi memberikan kita banyak kemudahan asalkan kita mau mempelajarinya. Jangan terpaku hanya pada ilmu yang itu-itu saja. Mari kita cari dan temukan ilmu-ilmu baru agar wawasan pengetahuan dan pengalaman kita makin bertambah dan kreativitas kitapun makin berkembang dan mampu mengatasi tantangan zaman yang kian menantang.

Salam kreativitas. 


Advertisement
Pengalaman Pertama Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

You Might Also Like: