Cara Embed Video dari YouTube ke Blog

 SaungMaman - Cara Embed Video YouTube ke Blog

Bagi sebagian besar blogger, YouTube sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia blogging. Untuk itu penting sekali bila para Blogger atau YouTuber sedikit banyak mengetahui cara monetasi blog dan YouTube atau media sosial lainnya secara bersamaan.


Salah satu cara untuk monetisasi YouTube adalah dengan menyematkan video YouTube ke dalam postingan blog. 

Bagaimana menyematkan Video dari YouTube? 

Untuk menyematkan video dari YouTube bisa secara langsung mengupload link video saat menulis artikel. Namun biasanya tampilannya tidak responsif di perangkat berbeda. 


Nah, agar tampilan video lebih responsif, sebelumnya pastikan di HTML blog sobat sudah ada script ini:

<script> //<![CDATA[ /* Youtube Responsive by saungmaman.com */ window.onload = function smYtube() { var youtube = $('iframe[src*="youtube.com"]'); youtube.each(function() { $(this).attr('aspectRatio', this.height / this.width).attr('style', 'width:100%'); }); $(window).resize(function() { youtube.each(function() { $(this).attr('height', $(this).width() * $(this).attr('aspectRatio')); }); }).resize(); }; //]]> </script>

Tempatkan kode script tadi di atas kode </body>. Setelah itu, salin Embed video dari YouTube di postingan dalam mode HTML. 

Silahkan di cek tampilan blog di berbagai perangkat, maka akan terlihat bahwa screen video menyesuaikan dengan lebar layar masing-masing perangkat. 

Adapun tampilan kode embed yang hendak di sematkan di blog, saat membuat artikel (mode HTML) kurang lebih seperti ini:
<iframe width="932" height="524" src="https://www.youtube.com/embed/RG3y8m-VExI" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe> 
Bagaimana Cara Menyalin Embed video dari YouTube?

Untuk menyalin kode embed dari youtube agar lebih responsive pada blog, caranya cukup mudah yakni sebagai berikut:

Pada menu Desktop, klik kanan pada video youtube yang ingin sobat masukkan. Lalu klik pilih Copy embed code. Bila sobat menyimpan kodenya dengan benar, maka tampilannya kurang lebih seperti contoh YouTube saya di bawah ini. 


Dengan tampilan video yang lebih responsif, maka diharapkan akan menambah jumlah view dan jam tayang video YouTube yang sobat bagikan. Selain itu, tampilan video YouTube yang responsif juga akan membantu meningkatkan loading blog, sehingga browsing makin lancar. 

Jangan lupa like & Subscribe juga channel berikut ini:


Demikian artikel singkat mengenai Cara Embed Video YouTube ke Blog kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
Cara Embed Video dari YouTube ke Blog

You Might Also Like: