10 Topik Blog yang Bisa Mendulang Trafik

SaungMaman - 10 Topik Blog yang Bisa Mendulang Trafik

Untuk mendatangkan trafik/kunjungan yang banyak ke blog dibutuhkan trik dan teknik tersendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang penulis blog, baik melalui optimasi SEO Onpage maupun melalui cara Offpage.

Blog yang ramai pengunjung mendatangkan banyak keuntungan. Baik dari pemasukan iklan maupun repeat order bila blognya berupa blog yang berisi produk yang dijual. 

Blogging

Salah satu cara optimasi seo onpage adalah dengan memaksimalkan konten. Memposting konten berkualitas adalah salah satu kunci suksesnya sebuah blog. Hingga muncul istilah The Content is King. 

Baca juga: 6 Jenis Artikel Blog Paling Banyak Dicari Orang

Nah, untuk itulah pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai 10 Topik Blog yang Bisa Mendulang Trafik. Sebenarnya ada banyak sekali topik-topik yang bisa diposting di blog, namun untuk kali ini saya bagikan 10 topik saja. 

Baiklah apa sajakah ke 10 topik tersebut? Mari kita bahas ulasannya satu persatu;

1. Topik Tutorial

Topik tutorial merupakan salah satu topik yang paling banyak di cari oleh netizen. Untuk itu membahas topik tutorial di blog merupakan sebuah 'keharusan' bila sobat ingin mendapatkan banyak trafik.

Membahas topik tutorial tidak membutuhkan terlalu banyak perhatian sepanjang tidak ada perubahan yang cukup berarti. Artinya sekali sobat berhasil memposting artikel mengenai tutorial, maka artikel tersebut berlaku untuk jangka waktu yang lama.

Jenis-jenis tutorial cukup banyak diantaranya tutorial blogging, tutorial mekanik/bengkel, tutorial youtube pemula dan lain-lain. 

2. Review Produk

Di internet, banyak warganet yang mau berbelanja online memilih review produk dengan menggunakan layanan google. Ini artinya, internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari sebagian besar masyarakat. 

Ini merupakan peluang emas yang cukup baik bagi sobat yang memiliki blog/website untuk mendulang trafik dengan memperbanyak artikel review produk. Pelajari kata kunci produk apa yang paling banyak dicari dengan cara riset keyword. Bila sobat tekun dan konsisten dalam satu topik ini niscaya blog sobat akan makin banyak pengunjungnya. 

3. Cerita Perjalanan (travelling)

Tutorial tentang cerita perjalanan atau travelling merupakan salah satu topik yang juga tak kalah banyak peminatnya. Apalagi bila sobat mengemasnya dengan apik disertai foto-foto penunjang dengan kualitas tinggi. Banyak orang yang ingin pergi ke suatu tempat memilih referensinya dari internet. Nah ini kesempatan yang tak boleh disia-siakan. Karena topik cerita perjalanan selalu menarik untuk diikuti. 

4. Topik Checklist

Pembahasan mengenai cheklist juga salah satu topik yang banyak di cari netizen. Cheklist biasanya diperlukan oleh mereka yang hendak bepergian atau hendak merencanakan sesuatu. Misalnya, bila hendak pergi mendaki gunung, maka barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan. Atau contoh lain, bagi ibu yang hendak melahirkan, hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil, dan lain-lain.

5. Topik mengenai Profil

Tokoh inspiratif yang memiliki banyak pengikut bisa menjadi salah satu topik yang banyak mendatangkan pengunjung. Buatlah artikel mengenai kisah sukses seseorang yang punya daya tarik tersendiri dan memiliki prestasi yang luar biasa. Perjalanan hidupnya yang biasanya di awali dengan banyak menelan pil pahit lalu berubah menjadi orang sukses, merupakan kisah yang banyak diburu oleh pencari tokoh inspiratif. 

6. Topik Wawancara

Artikel berisi wawancara tentang tren terkini juga tak kalah menarik. Sobat bisa saja mewawancarai orang-orang yang punya peran cukup penting di negeri ini, kalau bisa, hehee.. Atau bisa juga wawancara dengan teman dekat membahas topik yang sedang hangat-hangatnya di bicarakan saat ini. 

7. Resensi Buku

Buku-buku laris yang menjadi buruan pembaca merupakan topik yang layak untuk dijadikan bahan artikel. Buatlah artikel tentang ringkasan isi buku atau resensi. Pembaca buku yang berminat membeli buku tertentu biasanya mencari referensi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. 

8. Topik Kumpulan Pertanyaan (FAQs) 

Bila sobat mengelola sebuah blog yang banyak memiliki pembaca yang kritis atau banyak bertanya, alangkah baiknya di blog sobat dibuat sebuah artikel tentang kumpulan pertanyaan beserta jawabannya. Ini dimaksudkan agar ketika banyak pembaca mengirimkan pertanyaan yang sama, sobat tidak perlu lagi menjawabnya satu persatu secara berulang, karena jawabanya sudah ada di artikel ini. 

9. Berita Terkini

Konten berita viral yang beredar di linimasa, tidak ada salahnya bila sobat jadikan artikel. Saat orang-orang berselancar di Internet mencari berita yang sedang viral, bukan tidak mungkin akan mampir ke blog sobat. Hanya saja berita-berita semacam ini biasanya tidak bertahan lama, hanya ramai di masa-masa tertentu saja. 

10. Guest Blogging

Menjadi Guest Blogging atau penulis tamu di blog teman cukup efektif mendatangkan pengunjung dari blog lain. Namun harap diperhatikan dalam memilih rekanan blog, sebaiknya dipilih yang memiliki niche sejenis dengan topik blog kita, sehingga hasilnya akan jauh lebih maksimal karena ada kesamaan tema bahasan. 

Nah, kiranya itu saja dulu pembahasan mengenai 10 Topik Blog yang Bisa Mendulang Trafik yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 





10 Topik Blog yang Bisa Mendulang Trafik

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape

Popular