Halaman Depan Blog Tidak Bisa Di Klik, Ini Penyebabnya

SaungMaman - Halaman Depan Blog Tidak Bisa Di Klik, Ini Penyebabnya

Berawal dari komentar sahabat saya, seorang suhu blogger bernama mas Djangkaru Bumi, beliau menginformasikan bahwa halaman depan blog SaungMaman (Homepage) tidak bisa di klik. Awalnya saya mengira itu disebabkan karena gangguan server Google yang dalam beberapa hari kemarin memang sempat mengalami down

Namun setelah saya cek, ternyata bukan itu penyebabnya. Karena berdasarkan penelusuran, kalau penyebabnya server Google, harusnya semua blog berekstensi blogspot akan mengalami kejadian yang sama. Tapi ternyata tidak, blog teman-teman yang saya telusuri masih normal dan tidak terjadi gangguan apa-apa. 

Homepage Blog

Karena gangguan yang terjadi pada blog saya bersifat temporer, alias tidak sepenuhnya 'macet' (kadang-kadang bisa di klik), hal ini membuat saya sempat kebingungan. Mencoba bertanya pada mastah blogger juga tidak mendapatkan jawaban. 

Baca juga: Tutorial Blogging yang Benar


Kemudian saya mencoba mencari tahu letak permasalahannya dengan mengutak-atik template blog. Pada saat proses ini berlangsung, saya sempat melakukan sebuah kesalahan fatal. Kesalahannya adalah tidak melakukan back up template terlebih dahulu sebelum melakukan editing HTML. Yang terjadi kemudian adalah ketika saya salah menghapus kode-kode rumit dalam template, saya sempat mengalami kesulitan untuk mengembalikannya kembali ke keadaan semula. Untungnya saya masih ingat kalau beberapa minggu yang lalu saya pernah melakukan back up dan menyimpan file XML-nya di email.

HTML Blog
Setelah template berhasil saya pulihkan, langkah selanjutnya adalah mengembalikan widget-widget terbaru yang terhapus, seperti: Contact Form, About, 2 halaman statis dan lain-lain yang memang saya perbaharui belum lama ini.

Nah, saat mengembalikan widget-widget yang 'hilang' ini ada satu widget baru yang lupa saya kembalikan yakni Tombol Subscribe YouTube. Namun rupanya inilah yang menjadi penyebab kenapa halaman depan blog tidak bisa di klik.

Entah dimana letak kesalahannya, masih saya selidiki. Mungkin ada kode script yang kurang atau cara penempatannya yang kurang tepat. Saya menarik kesimpulan ini karena setelah saya perhatikan, bahwa tanpa menggunakan widget tombol subscribe, halaman depan malah bisa di klik dan berjalan normal seperti sedia kala.

Dari pengalaman ini saya mendapatkan 2 pelajaran sekaligus. Pelajaran pertama adalah, teliti sebelum memasang widget baru, pertimbangkan untung ruginya dan cek kelengkapan kode-kodenya, jangan sampai ada yang kurang atau tertinggal. Pelajaran yang kedua adalah, biasakan untuk selalu memback up template blog sebelum melakukan proses editing. Ini 'wajib' dilakukan agar bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, kita bisa mengembalikannya/restore ke keadaan semula. 

Nah, demikianlah pengalaman saya mengenai Halaman Depan Blog yang Tidak Bisa di Klik dan cara mengatasinya. Semoga  bermanfaat.

Feature image: Freepik

Advertisement
Halaman Depan Blog Tidak Bisa Di Klik, Ini Penyebabnya

You Might Also Like: