Pentingnya Laporan Tahunan Mayora Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Pemegang Saham

By SaungMaman

PT. Mayora Indah, Tbk adalah sebuah perusahaan nasional yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang beroperasi sejak tahun 1977. Seluruh keluarga Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama perusahaan yang satu ini karena namanya sangat familiar bagi keluarga Indonesia. 

Visi dan misi

1. Perusahaan ini berkomitmen untuk menjadi perusahaan makanan dan minuman berkualitas dan terpercaya baik di mata konsumen dalam dan luar negeri serta mampu menguasai pangsa pasar dalam kategori produk sejenis. 

2. Mampu memberikan laba bersih diatas rata-rata industri dan mendapatkan pemasukan yang tinggi bagi seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan. Semua data keuangan selalu di laporkan dalam bentuk laporan keuangan mayora

Laporan Keuangan | Image Source: Pixabay.com
3. Berkontribusi secara aktif dalam hal-hal positif demi ikut andil dalam membangun lingkungan dan negara dimana lokasi perseroan berada. 

Kegiatan usaha dan jenis produk

Anggaran dasar PT. Mayora Indah, Tbk menjelaskan bahwa kegiatan usaha perusahaan adalah bidang industri. Saat ini fokus usahanya adalah industri makanan dan minuman olahan yang terbagi kedalam 6 kategori yaitu: 

1. Produk makanan biskuit
2. Kembang gula. 
3. Wafer
4. Coklat
5. Kopi
6. Makanan kesehatan

Di Indonesia, perusahaan tidak hanya dikenal sebagai produsen makanan dan minuman saja, melainkan sudah menjadi market leader. Selalu terdepan dalam menghasilkan produk-produk unggulan pada setiap kategori. 

Dalam perjalananya perseroan beserta anak perusahaan tetap konsisten pada kegiatan utama yaitu fokus pada bidang pengolahan makanan dan minuman. Sejak awal sudah bertekad untuk menjadi yang terbaik bagi karyawan, mitra usaha, pemegang saham dan yang paling utama untuk kepuasan konsumen. 

Struktur organisasi

Dalam hal organisasi, PT. Mayora Indah, Tbk mempunyai komposisi yang jelas dan terstruktur dengan baik. Setiap komponen memiliki peranan/fungsi dan tugas masing-masing yang kesemuanya bermuara pada kemajuan perusahaan. 

Struktur kepemilikan saham

Struktur kepemilikan saham perusahaan terbagi kedalam 3 kriteria: 

1. Pemegang saham yang memiliki saham 5% atau lebih. 
2. Anggota Direksi atau anggota Dewan Komisaris. 
3. Masyarakat umum yang memiliki saham kurang dari 5%.

Sistem manajemen

Manajemen perusahaan secara lengkap bisa digambarkan kira-kira sebagai berikut: 

1. Dewan Direksi
2. Dewan Komisaris
3. Komite Audit
4. Sekretaris
5. Afiliasi
6. Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar modal. 

Laporan Tahunan Mayora merupakan suatu hal yang sangat penting dalam perjalanan panjang PT. Mayora Indah, Tbk. Setiap tahunnya laporan tahunan selalu diperbaharui sebagai bentuk pertanggungjawaban para pemegang saham agar dapat menilai kinerja perusahaan dari tahun ke tahun. 

Demikian info singkat mengenai Pentingnya Laporan Tahunan Mayora Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Pemegang Saham kali ini, semoga bermanfaat. 








Advertisement
Pentingnya Laporan Tahunan Mayora Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Pemegang Saham

You Might Also Like: