Cara Menampilkan 2 Aplikasi dalam 1 Layar di Android

By SaungMaman

Untuk kebutuhan tertentu, handphone Android mampu menampilkan 2 Aplikasi dalam 1 layar atau bisa juga diartikan memiliki cara menampilkan 2 layar di android sekaligus. Fitur ini disebut Split Screen. Namun tidak semua jenis android memiliki fitur ini. Tampilan 2 layar aplikasi pada layar android digunakan pada kondisi tertentu, misalnya pada saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan siswa membuka 2 aplikasi secara bersamaan. 

Namun perlu diingat bahwa penggunaan fitur ini cukup mengkonsumsi banyak tenaga baterai, sehingga Anda perlu menyiapkan peralatan charger bila ingin menggunakannya dalam waktu cukup lama. 

Banyak para pengguna hape android yang belum tahu bagaimana cara menampulkan 2 layar dalam 1 android. Untuk itu pada kesempatan ini SaungMaman ingin berbagi tipsnya, semoga bisa membantu para pengguna android khususnya para siswa yang memang membutuhkannya. 
Baiklah langsung saja kita bahas bagaimana Cara Menampilkan 2 layar dalam 1 tampilan Android berikut ini:

1. Pastikan Anda sudah membuka 2 aplikasi yang ingin di tampilkan dalam 1 layar, lalu tekan tombol Home/beranda.

2. Buka menu pada android dan cari tombol Recent Apps. Biasanya adanya di pojok kiri bawah. 

Menu Recent Apps

Bentuk tombolnya biasanya berupa kotak kecil atau ada juga yang berupa tiga garis sejajar.

2. Klik tombol tersebut, maka akan tampak 2 aplikasi yang ingin di tampilkan secara bersamaan. Dalam contoh ini saya memilih Pinterest dan Google Chrome

Recent Apps

3. Langkah selanjutnya silahkan tekan salah satu tampilan menu apps kurang lebih 3 detik sampai muncul pilihan menu split screen. Lalu klik tombolnya dan lakukan hal yang sama pada apps yang lainnya. 


Klik tombol Split Screen

4. Setelah kedua apps di klik, maka tampilan layar android kini sudah berubah menjadi 2 layar aplikasi yang berbeda. 

2 aplikasi dalam 1 layar

5. Selesai. 

Untuk keluar dari tampilan 2 layar caranya cukup mudah, yaitu dengan menarik keluar salah satu menu dengan cara menekan garis kecil yang ada diantara kedua layar.

Nah ternyata caranya cukup mudah bukan? Dengan fitur ini maka pengguna android bisa berselancar di layar hape android layaknya browsing dengan menggunakan komputer atau PC

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga ada manfaatnya buat pembaca sekalian. 
Cara Menampilkan 2 Aplikasi dalam 1 Layar di Android

You Might Also Like: