Ciri-ciri Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

By SaungMaman

Kecanduan gadget bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Orang yang kecanduan gadget biasanya tidak menyadari kalau dirinya sudah mengalami gangguan masalah kesehatan akibat terlalu sering menggunakan gadget. Dampak yang ditimbulkan juga tidak main-main, mereka yang kecanduan gadget bisa mengalami masalah gangguan emosi, sakit leher, susah beraktivitas, kurang tidur, hingga gangguan mental atau kejiwaan. 

Ciri-ciri Kecanduan Gadget


Penyebab kecanduan gadget

Kecanduan gadget berhubungan langsung dengan internet, karena segala aktifitas yang dilakukan menggunakan gadget selalu menggunakan koneksi internet. Bermain game, menonton video YouTube, mendengar musik, bersosialisasi di media sosial, semuanya menggunakan akses internet. Penyebab kecanduan gadget biasanya karena ketidakmampuan seseorang dalam mengatur aktivitas saat bermain gadget. Terlalu asyik bermain gadget hingga lupa waktu, lupa tugas dan kewajiban, bahkan lupa segala-galanya. 


Menurut para ahli, kecanduan gadget bisa menimbulkan euforia seperti halnya kecanduan lainnya, seperti berjudi, nonton video pornografi, dan lain-lain. Kecanduan gadget dapat mengubah cairan kimia otak yang berdampak pada terganggunya kesehatan tubuh baik fisik, mental dan prilaku seseorang. 

Ciri-ciri kecanduan gadget

Berikut ini adalah ciri-ciri yang bisa dikenali saat seseorang kecanduan gadget:

Salah satu ciri yang paling menonjol bagi seseorang yang mengalami gejala kecanduan gadget adalah saat sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bermain gadget. Jenis-jenis gadget banyak macamnya, seperti, laptop, tablet, portable machine game, namun yang paling banyak digunakan adalah handphone atau smartphone

Seseorang yang kecanduan gadget seringkali asyik dengan dirinya sendiri dan cenderung menutup diri, malas bergaul. Selain itu dari sisi emosional juga biasanya jadi lebih gampang marah bila merasa terganggu dan sulit diajak bersosialisasi. 

Dalam masalah pekerjaan, cenderung menunda-nunda kewajiban dan lebih mementingkan kegiatan yang bersifat hiburan dan minim manfaat. Hal ini tentu saja sangat tidak produktif dan boleh dibilang membuang-buang waktu yang sangat berharga. 

Cara mengatasi kecanduan gadget

Bagi seseorang yang sudah kecanduan gadget akut, tentu akan kesulitan saat berusaha lepas dari kecanduan gadget. Yang bisa dilakukan antara lain adalah:

1. Maksimalkan peran penting orang terdekat seperti orang tua, kakak atau kerabat dekat lainnya yang membantu memberikan motivasi agar orang tersebut sadar dan bisa segera mengurangi kebiasaan bermain gadget hingga dalam batas yang wajar. Awalnya mungkin akan terasa sulit, namun bila dilakukan secara kontinyu dengan tekad dan kemauan yang keras, lambat laun kebiasaan tersebut akan bisa dihilangkan. 

2. Lakukan kegiatan-kegiatan yang positif yang bertujuan untuk melupakan kebiasaan bermain gadget

3. Perbanyak interaksi dengan anggota keluarga secara lebih masiv dan jalin komunikasi langsung pada berbagai kesempatan. Hal ini akan mengembalikan rasa percaya dirinya dan akan timbul rasa dihargai. 

4. Membuat program pemulihan diri yang bertujuan mengembalikan sesuatu yang selama ini "seolah-olah hilang" akibat terlalu asyik berkutat dengan dunia maya. 

Kecanduan gadget jangan dianggap sepele, karena bila terus dibiarkan akan berakibat buruk pada kesehatan baik fisik maupun psikologis seseorang. Ubah perilaku menjadikan gadget sebagai segala-galanya, dan merubahnya menjadi sebagai pelengkap hidup yang digunakan pada saat-saat tertentu saja. 


Ciri-ciri Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape