Jenis Makanan untuk Kesehatan Jantung

By SaungMaman

Salah satu penyakit yang menyebabkan jumlah kematian cukup tinggi adalah penyakit jantung. Sekitar 17,9 juta kematian di seluruh dunia terjadi setiap tahun disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Jantung yang sehat sangat dipengaruhi oleh pola makan dan jenis asupan gizi yang kita konsumsi. Untuk itu penting sekali memperhatikan pola makan untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. 

Beberapa jenis makanan berikut ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari agar jantung kita selalu dalam kondisi prima. 

1. Sayuran segar berdaun hijau

Jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada kaya akan vitamin, mineral dan anti oksidan. Selain itu sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang baik untuk melindungi arteri. Sayuran hijau juga mengandung nitrat yang mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel dalam darah. 

2. Serelia

Serelia adalah jenis makanan seperti gandum, nasi coklat, bekatul, oat, barley, atau quinoa. Serelia dapat mengurangi kolesterol jahat LDL dan mengurangi resiko sakit jantung. 

3. Beri-berian

Stroberi, bluberi, murbei, ciplukan (cecenet) juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. 

4. Alpukat

Alpukat atau avokad adalah sumber lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Alpukat kaya akan potasium, nutrisi essential untuk kesehatan jantung. 

Jenis Makanan untuk Kesehatan Jantung

5. Coklat hitam

Coklat hitam juga kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Namun perlu diingat bahwa coklat hitam kerap mengandung kadar gula tinggi, untuk itu pilihlah coklat hitam yang memiliki kandungan kakao minimal 70%.

6. Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi, pigmen alami dengan manfaat antioksidan. Mampu melawan bahaya radikal bebas dan inflamasi. Kandungan darah yang rendah likopen beresiko terkena serangan jantung. 


7. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, tuna dan lain-lain kaya akan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Rutin mengkonsumsi ikan berlemak terbukti mampu menurunkan tekanan darah diastolik. Bila kurang suka makan ikan, Anda bisa menggantinya dengan minyak ikan. 

8. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan nutrisi, mineral dan vitamin. Juga merupakan sumber lemak tak jenuh dan serat sumber nutrisi penting untuk mencegah sakit jantung. 

9. Bawang putih

Sejak dulu, bawang putih diyakini mampu mengobati  beragam penyakit. Riset juga membuktikan bahwa bawang putih mampu  menjaga kesehatan jantung. Bawang putih mengandung zat alisin yang memiliki efek terapeutik. 

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil mengandung antioksidan yang dapat meredakan peradangan. Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. 

Sumber: klasika.kompas.id
Jenis Makanan untuk Kesehatan Jantung

You Might Also Like:

Protected by Copyscape