Tips Menghindari Penyakit Stroke

Saung Maman - Tips Menghindari Penyakit Stroke

Salah satu penyakit yang paling berbahaya yang paling ditakuti adalah penyakit stroke. Efeknya bisa berupa cacat secara fisik bahkan kematian. Namun meski demikian jenis penyakit ini bukan berarti tidak dapat dicegah, ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk meminimalisir agar penyakit ini tidak terjadi pada diri kita.

Menjaga kebugaran tubuh merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Tubuh yang sehat dapat mencegah dari timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan termasuk kesehatan jantung. 


Untuk memiliki kesehatan yang maksimal, kita juga perlu menerapkan pola hidup yang seimbang. Seimbang dalam pola makan, istirahat yang cukup dan pengelolaan pikiran agar selalu dalam keadaan positif. 

Nah, untuk melengkapi itu semua, selain membiasakan diri untuk hidup sehat dan teratur berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarkan tubuh kita dari serangan penyakit stroke:

1. Rajin berolahraga

Olahraga ringan seperti jalan kaki, jalan cepat atau lari dalam jarak pendek adalah beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah stroke. Bersepeda dan berenang juga disarankan untuk menjaga stamina tubuh agar selalu fit dan melancarkan peredaran darah. Darah yang lancar akan menjauhkan kita dari kemungkinan terserang penyakit stroke. 

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Jenis makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap terjaga dengan baik. Makanan tinggi kalium sangat disarankan guna menjaga stroke hemoragik.

Baca juga: 8 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet

3. Hindari rokok dan alkohol

Merokok adalah salah satu faktor resiko yang paling tinggi penyebab stroke, karena menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Sedangkan alkohol dengan takaran tinggi terbukti meningkatkan resiko terjadinya stroke. 

4. Rajin mengontrol penyakit bawaan

Bagi Anda penderita penyakit darah tinggi, jantung, diabetes ataupun kolesterol, sebaiknya rutin lakukan kontrol kesehatan melalui dokter. Ini sangat disarankan agar bila ada gejala-gejala yang bisa menimbulkan penyakit stroke bisa segera ditanggulangi dengan baik.

Baca juga: Hari Hipertensi Sedunia: Bagaimana Kondisi Mempengaruhi Anda Dan Tips Untuk Mengatasinya

5. Mempertahankan berat badan ideal

Bagi yang memiliki berat badan berlebihan (obesitas), ada baiknya menjaga agar memiliki berat badan yang ideal. Orang yang terlalu gemuk biasanya memiliki resiko terkena stroke lebih tinggi karena kelebihan lemak dalam tubuh bisa menyumbat peredaran darah. 

6. Mengendalikan stress

Banyak masalah dalam hidup bisa menimbulkan stress yang berlebihan. Jangan biarkan ini terjadi. Kendalikan stress Anda, nikmati hidup dengan penuh rasa syukur. Jangan biarkan stress menjadi penyulut timbulnya penyakit stroke. 

Demikian artikel kesehatan yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat. 

Advertisement
Tips Menghindari Penyakit Stroke

You Might Also Like: