8 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet

Saung Maman - 8 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet

Meskipun tidak ada jenis makanan ajaib yang bisa untuk menurunkan berat badan atau diet, namun ada jenis makanan tertentu yang dapat membantu penurunan berat badan. Sebagian besar makanan sehat untuk diet memiliki beberapa kesamaan yaitu: tinggi serat. Hal ini dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan memiliki kepadatan energi yang rendah. Artinya Anda bisa tetap makan makanan yang layak tanpa takut akan kelebihan kalori.

Untuk membantu kelancaran program diet, cobalah makanan penurun berat badan berikut ini sebagai bagian dari diet keseluruhan dan semoga Anda bisa menemukan kemudahan untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

1. Alpukat


Buah alpukat sangat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat makanan, kalium dan fitokimia. Orang yang makan alpukat cenderung memiliki berat badan lebih rendah. Meskipun alpukat memiliki kalori lebih tinggi daripada buah dan sayuran lainnya, lemak dan serat kombo yang memuaskan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tambahkan beberapa salad, sandwich atau bahan lainnya untuk menambah rasa dan selera.

2. Telur

Telur kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak dan nutrisi penting, seperti vitamin D dan kolin, yang terutama menjadi pembangkit tenaga untuk menurunkan berat badan. Makan sarapan berprotein tinggi mendorong penurunan berat badan, karena protein meningkatkan rasa kenyang sambil mengatur hormon rasa lapar dan nafsu makan, membantu menangkal rasa lapar sampai waktu makan siang. Satu studi menemukan bahwa makan telur untuk sarapan membuat orang merasa lebih puas daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya, yang membantu mereka makan lebih sedikit sepanjang hari.

3. Kacang

Semua kacang tinggi serat, yang merupakan makanan yang cocok bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan karena membantu merasa kenyang lebih lama, sehingga mengendalikan rasa lapar. Mengonsumsi kacang-kacangan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kacang cukup rendah kalori dan juga memberikan protein.

4. Yogurt

Yogurt penuh protein dan penuh dengan probiotik, yang baik untuk kesehatan usus dan dapat membantu upaya penurunan berat badan. Kesehatan usus dapat memengaruhi berat badan, dan makan lebih banyak serat dan probiotik membantu menjaga bakteri usus tetap dalam kondisi baik, yang bisa membantu untuk metabolisme tubuh. Konsumsi yogurt dikaitkan dengan berkurangnya nafsu makan dan peningkatan rasa kenyang. Perhatikan gula tambahan dalam yogurt, yang hanya menambah kalori. Sebagai gantinya, gunakan buah segar untuk mempermanis yogurt.
Baca juga: Memahami Pentingnya Mineral Bagi Kesehatan Tubuh
5. Salmon

Salmon adalah sumber kaya protein berkualitas tinggi dan menyediakan banyak lemak "baik" yaitu asam lemak omega-3. Pola makan yang kaya akan asam lemak omega-3 mampu membantu orang merasa lebih puas ketika mereka memperhatikan kalori mereka. Makan salmon bisa menjadi cara yang lezat dan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal seperti yang diharapkan.

6. Buah-buahan

Buah terkadang dinilai kuarang baik atau buruk bagi kesehatan karena secara alami mengandung gula. Tetapi makan buah dapat membantu menurunkan berat badan, terutama ketika Anda menjadikan buah segar sebagai pengganti makanan olahan atau camilan tidak sehat lainnya. Dengan makan buah segar, seseorang akan mendapatkan makanan manis alami, plus memetik manfaat serat dan antioksidan. Sebuah studi yang baru-baru ini diadakan menemukan bahwa konsumsi buah yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, terlepas dari asupan sayur atau serat — meskipun memasukkan buah sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan selalu merupakan strategi terbaik.

7. Popcorn

Selama camilan renyah yang populer ini tidak disiram dengan mentega atau gula, ia membuat camilan penurun berat badan yang sangat baik. Tidak hanya popcorn mengandung serat tinggi, popcorn juga mengandung protein. Satu porsi 1 ons jagung mengandung 4 gram serat, hampir 4 gram protein dan menghasilkan 110 kalori. Kombinasi ini menjadikannya camilan yang sangat menyehatkan. Popcorn diisi dengan udara, sehingga dengan mengkonsumsinya maka akan mendapatkan porsi yang cukup besar tanpa banyak kalori.

8. Almond

Almond adalah sumber serat yang sangat baik karena tinggi protein. Makan makanan dengan dengan banyak mengandung serat dan protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama — yang membuatnya kurang menggoda untuk meraih camilan tidak sehat lainnya di antara waktu makan.

Kaya akan vitamin E dan sumber lemak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik untuk jantung, almond adalah pilihan tepat untuk membantu program penurunan berat badan. lmond bisa juga digunakan sebagai pengganti kacang kenari atau kacang pinus, tambahkan sedikit kopi granola saat pagi hari, atau cukup simpan tas kecil di dompet Anda sebagai camilan darurat.

Demikian artikel Saung Maman mengenai 8 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
8 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet

You Might Also Like:

Buka Komentar