Fitur Pemindai Wajah dan Sidik Jari Mulai Diberlakukan di WhatsApp

Saung Maman – Fitur Pemindai Wajah dan Sidik Jari Mulai Diberlakukan di WhatsApp

Banyak pengguna WhatsApp yang telah menantikan kehadiran fitur keamanan ganda. Sejak akhir tahun 2018 lalu, kehadiran fitur pemindai wajah dan sidik jari untuk aplikasi pesan instant terpopuler di Dunia ini sudah mulai ramai dibicarakan di Jagat Maya. Diharapkan, dengan adanya fitur ini maka perangkat pengguna akan semakin aman secara fisik.

Pemindai Sidik Jari/Image source: Pixabay

Dan setelah banyak rumor beredar mengenai fitur keamanan tersebut, maka pada akhirnya kini pihak pengembang memutuskan untuk mulai menggulirkannya ke sejumlah pengguna aplikasi Beta Tester. Untuk data pemindai dari setiap pengguna ini dijamin kerahasiannya, sebab telah di enkripsi sedemikian rupa serta disimpan di perangkat, bukan di server WhatsApp.
Baca juga: WhatsApp Telah Menemukan Fitur Baru Yang Luar Biasa Untuk Menjaga Obrolan Anda Tetap Aman
Namun dalam uji cobanya kali ini, sementara hanya bisa dilakukan untuk para pengguna iOS saja. Jadi bagi mereka yang telah mendapatkannya, bisa langsung mencoba fitur baru ini menggunakan sensor Face ID (iPhone X dan yang lebih baru) maupun Touch ID (iPhone 8 dan yang lebih lama).

Untuk cara penggunannya sendiri cukup mudah, pengguna terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur ini dengan cara mengunjungi menu Settings>> Account>> Privacy. Kemudian pada halaman privasi ini pilih menu “Screen Lock”. Nantinya pengguna akan diberikan opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID, pilih sistem keamanan mana yang mendukung ponsel kamu.
Baca juga: WhatsApp, Instagram dan Messenger Direncanakan Akan Jadi Satu
Setelah itu, silahkan aktifkan toogle “Reuire Face ID” atau “Require Touch ID. Nantinya para pengguna juga bisa menyetel berapa lama WhatsApp akan mengunci aplikasi secara otomatis jika tidak digunakan, segera setelah ditinggalkan, hingga setelah 1 jam ketika WA tidak digunakan.

Dengan fitur ini, setiap kali kamu membuka aplikasi WhatsApp, diperlukan pemindaian wajah atau sidik jari terlebih dahulu. Akan tetapi kalau proses pemindaiannya mengalami kegagalan, maka pengguna dapat menggunakan passcode iPhone miliknya untuk membuka aplikasi ini.

Bagi para pengguna iOS yang mungkin ingin mencoba fitur tersebut, bisa langsung memperbarui aplikasinya ke versi 2.19.20.19 melalui App Store.
Advertisement
Fitur Pemindai Wajah dan Sidik Jari Mulai Diberlakukan di WhatsApp

You Might Also Like:

Buka Komentar