5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

SaungMaman - 5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Belimbing wuluh atau biasa disebut belimbing sayur adalah jenis buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara termasuk negara kita Indonesia. Buah ini termasuk dalam kelompok Averrhoa keluarga Oxalidaceae.

Belimbing wuluh
Belimbing wuluh memiliki kandungan air yang sangat banyak serta kandungan asam oksalat yang cukup tinggi. Jenis asam ini bermanfaat untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan belimbing wuluh untuk campuran sup, asinan, kari, pepes ikan dan lain-lain.

Tidak banyak yang mengetahui kalau dibalik rasanya yang asam, ternyata belimbing wuluh punya banyak manfaat tersembunyi untuk kesehatan dan kecantikan. 

Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh yang belum diketahui banyak orang:

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Resiko tekanan darah tinggi bisa dialami oleh siapapun, bila tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung atau stroke.

Nah, sebelum itu terjadi, manfaatkan belimbing wuluh sebagai pengobatan alternatif untuk tekanan darah tinggi. Caranya ambil 2-3 buah belimbing wuluh, potong menjadi 2 bagian lalu rebus dengan 3 gelas air putih. Setelah mendidih dan tersisa 1 gelas, minum airnya dalam keadaan hangat. Lakukan cara ini tiap pagi, hingga tekanan darah kembali normal. 

2. Mengobati diabetes

Belimbing wuluh terbukti mampu mengobati penyakit diabetes, yaitu penyakit karena kelebihan kadar gula. Untuk mengobati diabetes, buatlah jus belimbing wuluh dan diminum 2x sehari setelah makan. 

3. Menjaga kekuatan gigi dan tulang

Mengkonsumsi belimbing wuluh secara rutin, mampu menjaga kekuatan gigi dan tulang karena mengandung zat kalsium yang cukup tinggi. Selain itu juga memiliki kandungan fosfor untuk menunjang efektivitas mineral yang akan menambah kepadatan gigi dan tulang.


4. Membasmi jerawat

Jerawat yang cukup mengganggu penampilan bisa diobati dengan rajin mengkonsumsi belimbing wuluh. Kandungan asam oksalat cukup manjur mengurangi jerawat secara alami tanpa efek samping. 

5. Membuat awet muda

Kandungan vitamin A dan C dalam belimbing cukup efektif sebagai antioksidan yang mampu membersihkan kotoran dalam jaringan tubuh. Radikal bebas yang bersarang dalam tubuh mampu dibersihkan secara tuntas sehingga menghambat proses penuaan dini.

Nah, setelah mengetahui manfaat "tersembunyi" dari buah belimbing wuluh, yuk mulai sekarang kita manfaatkan buah belimbing wuluh yang ada di sekitar kita. Jangan biarkan terbuang sia-sia. 


5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

You Might Also Like:

Protected by Copyscape