Waspada Glaukoma Penyakit Mata yang Bisa Berakibat Hilangnya Penglihatan

By SaungMaman

Glaukoma adalah jenis penyakit mata yang bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan secara permanen karena terganggunya syaraf mata akibat tekanan bola mata. Tekanan bola mata mengalami tekanan disebabkan adanya gangguan pada sistem aliran cairan mata (humor aquos). Dampaknya adalah terjadi penimbunan cairan air mata dan meningkatkan tekanan pada bola mata. 

Waspada Glaukoma Penyakit Mata yang Bisa Berakibat Hilangnya Penglihatan
Hilangnya penglihatan bisa terjadi secara perlahan dan tidak berat. Itulah sebabnya Glaukoma sering disebut "si pencuri penglihatan". Glaukoma menjadi penyebab kebutaan terbanyak kedua setelah katarak. Menurut data WHO pada 2010, 39 juta orang di seluruh dunia mengalami kebutaan dan 3,2 juta diantaranya diakibatkan oleh penyakit glaukoma. 

Jenis-jenis Glaukoma

Jenis glaukoma ada beberapa macam berdasarkan proses aliran cairan air mata. Ada glaukoma primer sudut terbuka, glaukoma primer sudut tertutup, glaukoma sekunder misalnya katarak lama namun tidak dioperasi. Ada juga glaukoma kongenital (kelainan bawaan). Sudut disini maksudnya daerah perbatasan antara kornea dan iris, tempat dimana ada saluran untuk keluarnya cairan mata. 


Gejala awal glaukoma primer sudut terbuka bisa sangat ringan seperti mata pegal, nyeri kepala ringan, nyeri kepala sebelah dan belum terasa adanya gangguan penglihatan. Pada glaukoma sudut tertutup dan sekunder, umumnya gejalanya terasa lebih berat. Misalnya sakit kepala hebat, seperti ada pelangi saat melihat lampu, mual, muntah, kadang kalau berjalan suka tersandung karena daya jangkau penglihatan mulai menyempit. 

Faktor resiko lainnya antara lain adanya riwayat glaukoma dari keluarga, katarak, diabetes, riwayat trauma pada mata dan pada pasien yang harus mengkonsumsi obat kortikosteroid jangka panjang. 

Pengobatan Glaukoma

Untuk pengobatan glaukoma bisa dilakukan dengan obat tetes mata yang berfungsi menurunkan tekanan bola mata, mengurangi produksi cairan mata dan memperlancar aliran cairan mata keluar bola mata. Jika obat tetes tidak mengurangi glaukoma, sebaiknya dilakukan tindakan operasi yang bertujuan melancarkan aliran cairan mata keluar bola mata.

Tips menjaga kesehatan mata

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan mata walaupun belum ada gejala. Periksakan juga penyakit lainnya yang diderita seperti diabetes atau hipertensi. Hindari praparan langsung sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Jangan menggunakan obat tetes mata sembarangan. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung beta karoten, vitamin C, E dan Lutein. 

Meskipun glaukoma bukan kondisi yang dapat dicegah, namun gejalanya akan dapat lebih mudah dibedakan sehingga dapat menghindari kebutaan permanen bila terdeteksi lebih awal. 

Sumber: Harian Kompas
Waspada Glaukoma Penyakit Mata yang Bisa Berakibat Hilangnya Penglihatan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru