5 Tips Memaksimalkan Mesin Pencari

By SaungMaman

Saat berselancar di internet, kita menemukan begitu banyak laman web yang menampilkan berbagai informasi dengan berbagai jenis tampilan. Ada dalam bentuk artikel biasa, tutorial, tanya jawab, situs berita, video, dan lain-lain. Untuk menemukan informasi yang kita butuhkan diantara miliaran laman web, keberadaan mesin pencari atau search engine saja tentu tidak cukup. Dibutuhkan tips dan trik tersendiri agar apa-apa yang kita cari bisa dengan cepat kita temukan.

5 Tips Memaksimalkan Mesin Pencari
5 Tips Memaksimalkan Mesin Pencari
Mesin pencari memiliki kemampuan luar biasa dalam menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Namun alangkah lebih baik lagi kalau pengguna lebih piawai dalam memanfaatkannya. 

Memaksimalkan mesin pencari 


Agar hasil pencarian informasi menampilkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, maka dibutuhkan tips dan trik tersendiri dalam melakukan pencarian di mesin pencari. Nah, berikut ini adalah 5 Tips Memaksimalkan Mesin Pencari agar informasi yang kita cari bisa didapatkan dengan cepat dan akurat. 

1. Gunakan Frasa


Agar hasil yang kita cari bisa lebih spesifik, gunakan frasa dan lengkapi gabungan kata dengan tanda kutip. Misalnya ingin mencari informasi tentang cara menjadi youtuber sukses, maka yang harus kita ketikan di mesin pencari adalah: "Cara menjadi youtuber sukses"

2. Kecualikan satu kata


Agar pencarian lebih fokus, Anda juga bisa mengecualikan satu kata dengan menambahkan tanda "-" di depan kata tersebut. Contohnya ketika ingin mencari jenis jenis-jenis olahraga beladiri selain pencak silat, maka kata yang diketikan adalah "Jenis-jenis olahraga beladiri -pencak silat". Maka mesin pencari akan mengecualikan kata pencak silat


3. Pencarian Lanjutan


Di setelan mesin pencari, ada pengaturan yang namanya setelan lanjutan. Manfaatkan fitur ini untuk mempersempit area pencarian misalnya letak geografis, jenis atau tipe, pembaruan, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan fitur lanjutan, pencarian informasi lebih mudah dilakukan. 

4. Gunakan fitur suara


Mencari informasi di mesin pencari bisa juga dilakukan dengan menggunakan fitur suara. Susun kata-kata dengan jelas dan bersuaralah dengan lantang untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Fitur suara mampu menjangkau area pencarian menjadi lebih tepat sasaran asalkan dilakukan dengan cara yang benar. 

5. Gunakan Metasearch Engine


Apabila pencarian dilakukan pada beberapa mesin pencari, tak ada salahnya bila menggunakan metasearch engine atau mesin pencari meta. Mesin pencari ini akan menampilkan beragam situs dan layanan sekaligus memiliki kemampuan meringkas hasil pencarian agar hasilnya lebih maksimal. Pencarian informasi menggunakan metasearch engine dapat menjadi pilihan saat informasi yang kamu cari sulit ditemukan. 

Demikianlah info 5 Tips Memaksimalkan Mesin Pencari yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat. 


5 Tips Memaksimalkan Mesin Pencari

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru